Home  /  Berita  /  Ekonomi

Pasca Pemindahan Pedagang, Jalan Sandang Pangan Pasar Raya Padang Kembali Bisa Dilewati Roda Empat

Pasca Pemindahan Pedagang, Jalan Sandang Pangan Pasar Raya Padang Kembali Bisa Dilewati Roda Empat
Wako Padang H. Mahyeldi bersihkan puing-puing di Pasar Raya Padang. (Humas)
Selasa, 29 Maret 2016 18:54 WIB

PADANG - Pasca pemindahan pedagang yang menempati fasilitas umum ke Blok II Pasar Raya Padang, tumpukan sisa bangunan lapak praktis menjadi permasalahan tersendiri. Tak mau berlama-lama, Walikota Padang H. Mahyeldi Datuk Marajo langsung mengerahkan puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan SK-4 untuk membersihkannya. Sejumlah truk pengangkut sampah dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan pun diturunkan agar sampah dan material sisa lapak pedagang tersebut segera disingkirkan.

"Kita ingin akses jalan terbuka dan kawasan Pasar Raya bersih dari tumpukan sampah seperti sekarang. Mulai sekarang tidak boleh ada lagi sampah yang menumpuk bukan pada tempat yang disediakan. Begitu juga sisa lapak-lapak pedagang ini harus disingkirkan. Dan tidak boleh lagi menggelar dagangan selain di tempat yang telah diperuntukkan," kata Mahyeldi saat memimpin pembersihan di Pasar Raya Padang, Selasa (29/3/2016) petang.

Ia menegaskan, pembersihan sampah dan sisa material lapak pedagang tersbut harus tuntas saat ini juga. Pasalnya bila dibiarkan, akan sangat mengganggu kenyamanan pengunjung. Terlebih bila terkena hujan, maka sampah akan hanyut kemana-mana.

"Sekarang juga harus dituntaskan agar tidak mengganggu pengunjung. Apalgi kalau sempat terkena hujan sampah akan hanyut kemana-mana dan menyebabkan penyumbatan saluran air,"ujarnya.

Pada kesempatan ini, Walikota Padang ini tak segan-segan mengangkat sampah yang ada di dekatnya, walaupun sebagian besar pedagang terlihat hanya berpangku tangan. Hal itu juga diikuti sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mendampingi, diantaranya Kepala Bapedalda Edi Hasmy, Kasatpol PP Firdaus Ilyas, Sekretaris Dinas perindagtamben Nasril dan Sekretaris Dinas Pasar Jasman.

Alhasil, kondisi Pasar Raya terutama antara Blok IV dan Blok II di Jalan Sandang Pangan terlihat lapang dan dapat dilalui kendaraan roda empat.

Menurut Mahyeldi, penataan Pasar Raya akan terus dilakukan sehingga semua pedagang menempati lokasi representatif yang sudah dibangunkan. "Diharapkan hingga akhir 2016 ini Pasar Raya sudah tertata dengan baik," tukasnya. (DU/Yz/Ms/Fs)

Editor:Calva
Kategori:Ekonomi, GoNews Group, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/