Home  /  Berita  /  Peristiwa

Tak Kunjung Selesai, Jalan Pintu Angin-Koto Gaek Kabupaten Solok Jadi Kubangan Lumpur

Tak Kunjung Selesai, Jalan Pintu Angin-Koto Gaek Kabupaten Solok Jadi Kubangan Lumpur
Jalan Pintu Angin-Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok menunggu penyelesaian. (Foto Tapays/GoSumbar)
Jum'at, 25 Maret 2016 17:25 WIB
Penulis: W Leto Tapays
SOLOK - Jalan alternatif Pintu Angin-Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok sepanjang 6 km belum tuntas hingga sekarang. Sehingga jalan ini belum banyak dilewati kendaraan bermotor. Apalagi jalan yang belum beraspal kini terlihat rusak.

"Tinggal sekitar 1 km lagi yang belum diaspal," ujar Bupati Solok, Gusmal kepada GoSumbar.com Jumat. Diharapkan pada tahun ini bisa diaspal, tetapi kemungkinan baru tuntas pada 2017 mendatang.

Menurut Gusmal, pembangunan jalan ini menggunakan dana APBD Provinsi dan Nasional karena merupakan jalan lintas yang bakal dilalui truk dan bus dari dan ke pulau Jawa.

Jalan Pintu Angin-Koto Gaek ini sudah dibangun sejak lima tahun lalu, bahkan sudah dimulai sejak Gamawan Fauzi menjadi Bupati Solok lebih dari 10 tahun lalu. Namun hingga sekarang belum bisa diselesaikan.

"Alhamdulillah jalan ke SMA Negeri 2 Sumatera Barat sudah mulus," jelas Irsyad, Kepala SMA Negeri 2 Sumbar. Jalan menuju sekolah unggul dari Koto Gaek ndak masalah, sudah mulus. Hanya saja jika harus melewati jalur ke pusat Pemerintahan Kabupaten Solok atau RSUD Arosuka, kondisinya memang belum diaspal.

"Kemungkinan baru pada 2017 bisa dituntaskan," ujar Bupati Gusmal. Tahun ini ada dana pembangunan peningkatan jalan tersebut, tetapi tampaknya belum sampai tuntas.

Pembangunan jalan ini sejalan dengan pembangunan kawasan pusat pemerintahan di Arosuka. Jika jalan ini tuntas, maka truk besar dan Bus tidak lagi melalui pusat pemerintahan, sehingga kawasan Arosuka akan semakin nyaman. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/