Loading...
Home >  Berita >  Bukittinggi

Hari Ini, Sean Melahirkan di Kebun Binatang Bukittinggi

Hari Ini, Sean Melahirkan di Kebun Binatang Bukittinggi
Induk Harimau Sean melahirkan 2 ekor anak Harimau Jantan di TMSBK Bukittinggi, Kamis 14 Januari 2016.
Kamis, 14 Januari 2016 19:57 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI - Seekor induk Harimau Sumatera betina bernama Sean, yang saat ini berusia sekitar 3 setengah tahun asal dari Jambi, Kamis 14 Januari 2016 siang melahirkan dua ekor bayi jantan, hasil perkawinannya dengan Harimau jantan bernama Bancah.

Harimau Sean diketahui telah melahirkan dua ekor anak, saat petugas atau pawang Harimau di TMSBK, Marno akan memberi makan siang.

Marno terkejut ketika akan memberi makan Sean ternyata Harimau betina itu sedang menyusui anaknya.

Menurut penuturan Marno, akhir-akhir minggu ini kondisi Sean memang menjadi perhatian khusus dari petugas TMSBK. Mengingat kelahirannya sudah diprediksi, karena pada umumnya spesies Harimau Sumatera ini melahirkan di hutan atau di habitat aslinya.

Sementara itu Kepala Bidang TMSBK Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi Ikbal menuturkan, semenjak Sean menghuni TMSBK dia disatukan dengan pasangannya yakni Bancah, serta pada saat diketahui kalau Sean sudah hamil, perkembangan kesehatannya dipantau secara maksimal.

Kebetulan, pada saat Sean melahirkan anaknya menurut Ikbal, kegiatan sedang padat, mengingat saat ini sedang dipaparkan tentang sejarah keberadaan TMSBK ini kepada Tim Teknis Perhimpunan Kebun Binatang Indonesia (PKBSI) dan South Asian Assiciation (SEAZA) yang telah meninjau langsung TMSBK Bukittinggi.

"Kegiatan ini sebagai bentuk tindak lanjut dari pertemuan PKBSI dengan Presiden Republik Indonesia pada 30 September 2015 lalu, dan pada saat itulah petugas yang merawat Sean memberi tahukan kita kalau Sean telah melahirkan dua ekor anak harimau berjenis kelamin jantan," jelasnya.

Karena Sean melahirkan dua bayi jantan dan saat proses kelahiran itu Sean satu kandang dengan pejantannya, Bancah, maka kita lakukan pengamanan dengan cara memindakan Sean bersama anaknya ke kandang yang ada disebelah.

 "Biasanya induk jantan Harimau ini akan merasa tersaingi bila melihat anak yang lahir itu jantan, jadi kita khawatir juga kalau anak Sean ini manjadi santapan Bancah. Untuk itu kita lakukan pengamanan, sehingga Sean akan lebih nyaman menyusui dua anaknya itu," terang Ikbal.

Dikatakan juga oleh Ikbal, pemisahan ini dilakukan, sampai kondisi anak Sean sudah kuat. Saat ini petugas akan membantu merawat dan menjaga anak Sean yang lahir dengan berat lebih kurang 2 KG, panjang sekitar 50 CM. Setelah kondisi anak Sean ini benar-benar sudah sehat dan kuat baru mereka kita satukan lagi dengan Bancah, dan untuk sementara anak Sean biarlah disusukannya dulu.

Dengan lahirnya 2 ekor anak Harimau ini, maka menambah koleksi Harimau Sumatera di TMSBK Bukittinggi, menjadi 7 ekor.(**)

Kategori : Bukittinggi, Peristiwa

Loading...
www www