Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Tak Sabar Main di Timnas Indonesia, Maarten Paes Sebut Momen Besar Jadi WNI
Olahraga
19 jam yang lalu
Tak Sabar Main di Timnas Indonesia, Maarten Paes Sebut Momen Besar Jadi WNI
2
Aditya Bagus Arfan Tuntaskan Misi di Pertamina Indonesian Grand Master Tournament 2024
Olahraga
10 jam yang lalu
Aditya Bagus Arfan Tuntaskan Misi di Pertamina Indonesian Grand Master Tournament 2024
3
Tom Holland dan Zendaya Rahasiakan Persiapkan Pernikahan
Umum
7 jam yang lalu
Tom Holland dan Zendaya Rahasiakan Persiapkan Pernikahan
4
Prilly Latuconsina Bikin Film Horor 'Temurun' Jadi Ajang Fun Run
Umum
6 jam yang lalu
Prilly Latuconsina Bikin Film Horor Temurun Jadi Ajang Fun Run
5
Digosipkan Pacari Putri Zulkifli Hasan, Venna Melinda Dukung Verrel Bramasta
Nasional
7 jam yang lalu
Digosipkan Pacari Putri Zulkifli Hasan, Venna Melinda Dukung Verrel Bramasta
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Umum

Akhir Januari, PKL Satu Lokasi di Terminal Angkot Payakumbuh

Akhir Januari, PKL Satu Lokasi di Terminal Angkot Payakumbuh
Teks foto : Rapat persiapan relokasi PKL, di aula rapat kepala daerah di Balaikota, Rabu (6/1), dipimpin Sekdako H. Benni Warlis, MM(f/humas)
Rabu, 06 Januari 2016 16:19 WIB
Penulis: M.Siebert

PAYAKUMBUH-Rencana pemindahan pedagang kaki lima yang tersebar pada sejumlah titik di pusat pertokoan Payakumbuh, dijadwalkan akhir Januari 2016, sudah harus pindah ke lokasi baru di Terminal Angkutan Kota, di Blok Timur Pusat Pertokoan. Sosialisasi yang cukup panjang dengan melibatkan berbagai pihak terkait, yang telah dilakukan.   Relokasi PKL tersebut, diharapkan bakal berjalan aman, tertib dan  lancar.

Rapat persiapan relokasi PKL itu,  berlangsung di aula rapat kepala daerah di Balaikota, Rabu (6/1), langsung  dipimpin Sekdako H. Benni Warlis, MM. Dihadiri Ketua DPRD diwakili Edwar DF, S.Sos (Komisi B), Kadis Koperindag Dahler, SH,  Kapolsekta AKP Russirwan, Danramil 01 Mayor  Sugiarsono, Kadishub diwakil Atrimon, S.Pd,  Dansubpom  I Gusti Made A, Kabag Ops Polresta Kompol Basrial, Kasatlantas AKP H. Erman, Kasat  Binmas Yanisman, SH, Kasatpol PP diwakili Eza, SIP dan pimpinan SKPD terkait lainnya.

Sementara itu, dari perwakilan pedagang juga hadir  Ketua APKL H. Nursyirwan, Ketua IP3 H. Esa Musardanil, Ketua Organda Amri,  Ketua SPSI Basril Abas. Kemudian juga hadir Lurah Labuh Baru Syamsir dan Lurah Daya Bangun Nunang Manzil bersama pengurus LPM-nya.,

Pemindahan  PKL ke lokasi baru itu, mendapat respon positif dari pengurus APKL, IP3 dan Organda.   Ketua APKL Nursyirwan, Ketua IP3 H. Esa Musardanil sama-sama berharap, agar  relokasi PKL itu jangan sampai menimbulkan persoalan baru ke depan. Lokasi lama yang ditinggalkan, jangan ditempati PKL baru yang datang kemudian.

"Kami seluruh PKL dan pemilik toko/kios akan ikut menyukseskan relokasi PKL itu, sepanjang pemko komit melarang pedagang berjualan pada lokasi yang ditinggal "  tegas kedua pimpinan  organisasi pedagang tersebut.

Senada dengan pengurus APKL dan IP3, Kapolsekta Russirwan, Kabag Ops Basrial dan Kasat Lantas Erman serta  Danramil Sugiarsono, juga berharap, komitmen bersama dalam menata PKL di kota ini. Semuanya meminta, setiap SKPD yang terlibat dalam penataan PKL, jangan saling lempar handuk atau melempar kesalahan, jika ditemukan pelanggaran ketertiban di pusat pertokoan yang ada. Kawasan perparkiran pun,  harus jelas penataannya.

Keterangan Kepala Diskoperindag  Dahler,  dalam catatannya lebih kurang 150 PKL yang akan direlokasi ke terminal angkot. Mereka selama ini, menempati gang-gang di kawasan pasar bertingkat blok barat dan blok timur. Seperti di leretan Toko Mas Rambuti, leretan Toko Mas Tinggi, leretan gang Gumarang. Kemudian, sejumlah  pedagang buah yang menempati pertigaan Jalan Sutan Usman, di depan RM Asia Baru, juga akan dipindahkan ke pasar buah lama.

Lokasi pasar buah lama, di pinggir Jalan A. Yani itu, yang kini banyak ditempati PKL pakaian dan lainnya,   benar-benar dikhususkan buat pedagang buah. Pemko tak akan membiarkan lagi pedagang buah berjualan di pinggir jalan atau di perempatan jalan.

Penempatan PKL di terminal angkot, seiring dengan rampungnya pembangunan kios di terminal dimaksud. Menurutnya, lokasi baru tersebut akan mampu menampung semua PKL yang sudah teregister di Diskoperindag. Bagi PKL yang belum terigester,  mereka akan ditempatkan di Pasar Ibuah Barat dan Timur. Lokasi buat mereka sangat luas di pasar Ibuah.

Sekdako Payakumbuh Benni Warlis dan Ketua DPRD diwakili Edwar, juga mendorong Tim Terpadu Relokasi PKL yang dibentuk, bekerja dengan baik dalam melakukan penertiban PKL. Lakukan terus sosialisasi sebelum jadwal pemindahan,  agar semua PKL  merasa nyaman untuk pindah ke lokasi baru.

Sesuai jadwal, penataan PKL di terminal angkot, akan berlangsung dari 20 hingga 24 Januari 2015. Sebelumnya, tim bersama jajaran Diskoperindag akan melakukan sosialisasi relokasi. Pasca relokasi, tim akan mengawasi selama sepekan, agar PKL bersangkutan tak kembali berjualan di lokasi lama.***

 

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/