Home  /  Berita  /  Olahraga

Menghadapi Porprov XIV, Limapuluh Kota Persiapkan 395 Atlet

Menghadapi Porprov XIV, Limapuluh Kota Persiapkan 395 Atlet
Wakil Ketua Umum II KONI Limapuluh Kota Bidang Pembinaan Prestasi Desembri Chaniago.
Jum'at, 01 Januari 2016 18:16 WIB
Penulis: M.Siebert

LIMAPULUH KOTA-Jelang Pekan Olahraga Provinsi XIV yang akan digelar di Padang pada 2016 ini, kontingen Kabupaten Limapuluh Kota terus meningkatkan persiapan ratusan atlet dan ofisial yang akan dikirim nantinya. Dalam draf kontingen, tercatat 395 atlet dan 107 ofisial yang akan diterjunkan ke Kota Padang.

Sekretaris Umum KONI Kabupaten Lima Wirianto Datuak Paduko Bosa Marajo mengatakan dirinya bersama seluruh tim yang terlibat akan mengupayakan mengikuti seluruh cabor yang dipertandingkan dalam Porprov nanti. Pada Porprov di Dharmasraya 2013 lalu, 5 cabor yang tidak diikutkan Limapuh Kota yaitu basket, tenis lapangan, gulat, dayung, dan kempo.

"Tahun ini kita akan usahakan mengikuti seluruh cabang. Tapi melihat prestasi sebelumnya kita juga akan evaluasi cabor yang rentan dan minim prestasi," ujar Wirianto saat ditemui di Sekretariat KONI Kabupaten Limapuluh Kota..

Ia menjelaskan ke depannya untuk persiapan porprov di Padang nanti pihaknya telah mengajukan proposal kepada Disbudparpora terkait anggaran dan jumlah atlet yang akan diberangkatkan ke ajang dua tahunan tersebut.

Menurutnya, Porprov merupakan ajang bagi kabupaten dan kota untuk mencari bibit atlet terbaik untuk berkompetisi di ajang PON maupun Sea Games bukan sebagai ajang mencari prestasi atau posisi.

"Untuk 2016 kita telah menargetkan dan membuat konsep  bahwa jumlah atlet yang akan diberangkatkan adalah 395 atlet dan ofisial sebanyak 107. Hal ini telah kita diajukan ke Disparpora dan jumlah ini meningkat dari sebelumnya yaitu 280 atlet dengan 75 ofisial," kata Sekretaris KONI didampingi Wakil Ketua Umum II Bidang Pembinaan Prestasi Desembri Chaniago.

Untuk memberikan semangat dan motivasi kepada atlet Limapuluh Kota, ia mengaku telah mengajukan anggaran sebesar 4 miliar untuk dana pemberangkatan dan pembinaan. Sedangkan untuk bonus atlet yang meraih medali emas, ia telah mnganggarkan dana sebesar 3 miliar.

"Untuk jumlah masing-masing medali baik itu emas, perunggu, dan perak belum bisa kita pastikan karena itu berkaitan dengan jumlah medali yang akan diraih nantinya," kata Wirianto.

Sebelumnya, Wirianto mengatakan pada porprov di Dharmasraya, Limapuluh Kota berada pada urutan lima dengan meraih 45 emas, 43 Perak, dan 61 perunggu. Jumlah tersebut didominasi oleh cabor atletik dan menembak dengan masing-masing meraih 17 emas dan 13 emas.

"Seperti tahun sebelumnya kita masih tetap mengandalkan dua cabor tersebut sebagai pendulang emas nantinya. Namun cabor lain juga tidak tutup kemungkinan akan meraih medali karena seluruh cabor yang kita kirim, alhamdulillah meraih medali semuanya," katanya di Sekretariat KONI Limapuluh Kota.

Pada prinsipnya, Kabupaten Limapuluh Kota tetap berkomitmen untuk memakai dan mengirimkan atlet yang berasal dari Limapuluh Kota. Dirinya mengaku bahwa atlet yang akan membela Limapuluh Kota adalah putra putri asal kabupaten.

"Sesuai motto kita yaitu tidak membeli kemenangan dan tidak membeli kekalahan. Artinya kita tidak ada memakai atlet luar untuk membela Kabupaten Limapuluh Kota di ajang Porprov nanti," ujarnya diamini Desembri Chaniago.

Selain memasang target tetap berada pada posisi lima besar di Sumbar, ia mengatakan bangga akan prestasi yang telah diraih oleh atlet andalan Kabupaten Limapuluh Kota. Pasalnya hingga saat ini, dari 42 atlet yang dikirim mengikuti Pra PON di 9 cabang olahraga, 13 atlet telah dapat dipastikan akan berangkat menuju PON Jawa Barat pada September mendatang.

"Khusus voli, dari 12 atlet Putri Sumbar, 8 atlet berasal dari Kabupaten 50 Kota. Kita sebagai pengurus KONI sangat bangga akan apa yang telah dicapai oleh atlet kita dan semoga prestasi ini juga akan membawa Kabupaten Limapuluh Kota menjadi salah satu daerah yang tetap melahirkan atlet berprestasi hingga tingkat dunia," tukuk Wirianto yang juga Ketua Harian PBVSI Limapuluh Kota ini.

Sebagaimana diketahui, dari 40 atlet asal Limapuluh Kota, telah 13 orang diantaranya dipastikan lolos ke PON XIX tahun 2016 di Jabar. KONI Limapuluh Kota tak mau terlalu menargetkan loncatan luar biasa, target di Porprov XIV di Kota Padang, kembali ke urutan lima besar.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/