Home  /  Berita  /  Pendidikan

Tujuh Sekolah di Padang Masuk Kategori Sekolah Berintegritas, Lihat Sekolahnya dan Jadikan Contoh

Minggu, 27 Desember 2015 17:33 WIB
Penulis: Agib M Noerman
tujuh-sekolah-di-padang-masuk-kategori-sekolah-berintegritas-lihat-sekolahnya-dan-jadikan-contoh

PADANG - Sedikitnya tujuh sekolah di Kota Padang termasuk dalam kategori sekolah berintegrasi yang dikeluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Yang termasuk dalam program Indeks Integritas Sekolah tersebut enam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan satu pada Sekolah Menengah Atas (SMA).

Rilis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan program Indeks Integritas Sekolah merupakan program integritas sekolah dalam pelaksanaan ujian nasional (UN). 503 sekolah se-Indonesia diapresiasi karena mampu meminimalisir kecurangan pelaksanaan UN.

Enam SMP dari Padang yang masuk kategori sekolah berintegritas antara lain, SMP Negeri 2 (dengan nilai 97,71), SMP Negeri 1 (97,42), SMP Negeri 11 (97,27), SMP Negeri 12 (97,25), SMP Negeri 8 (97,15), SMP Negeri 7 (97,00). Sedangkan satu sekolah lagi yakni Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 dengan nilai 94,65.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah merespon dengan baik ditetapkannya tujuh sekolah di Padang sebagai sekolah berintegritas. Menurutnya, kejujuran adalah nilai-nilai fundamental, nilai dasar suatu negara dalam membangun bangsa. Sebuah bangsa akan dihormati negara lain jika pemimpinnya jujur dan berintegritas, jika rakyatnya jujur dan berintegritas.

Ia menyebutkan, banyak bangsa yang gagal karena bangsa tersebut gagal menjaga integritasnya. Oleh karena itu, nilai-nilai kejujuran harus ditumbuhkan sejak dini baik di keluarga maupun di sekolah.

“Kita punya nilai-nilai itu tetapi kita lupa, tidak memberikan perhatian pada nilai-nilai etika, nilai-nilai integritas, nilai-nilai kejujuran, kita lupa sekian dekade ini,” kata Wako.

Mahyeldi menekankan, sekolah wajib mengajarkan nilai-nilai kebaikan terutama etika, moralitas, dan kejujuran kepada para siswa yang menjadi generasi penerus pemimpin bangsa. "Jangan bangga bila nilai UN yang didapat sangat tinggi, tapi dengan cara-cara tidak jujur. Banggalah dengan nilai UN yang sangat tinggi tapi melalui cara-cara yang benar," tegas Mahyeldi.

Dalam penilaian Indeks Integritas Sekolah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan dua kriteria penilaian. Penilaian akademik dan integritas. penilaian integritas diukur dengan melihat pola kerjasama dan pola kecurangan peserta didik di suatu sekolah dalam mengerjakan soal UN. Angkanya (indeks integritas) 0 sampai 100. Jika tidak ada kecurangan angkanya 100. Jika terdapat 20 kecurangan, angka integritasnya 80. (agb)

Kategori:Pendidikan, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/