Home  /  Berita  /  Umum

Ternyata, Beredarnya Kabar Antisipasi Kabut Asap dengan Air Garam di Baskom adalah Hoax

Ternyata, Beredarnya Kabar Antisipasi Kabut Asap dengan Air Garam di Baskom adalah Hoax
kabar baskom berisi air garam datangkan hujan adalah Hoax.
Jum'at, 23 Oktober 2015 13:57 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Beredarnya di media sosial himbauan agar masyarakat menaruh baskom berisi air dicampur garam di halaman rumah secara bersamaan pada 22-10-2015 lalu untuk mendatangkan hujan mengantisipasi kabut asap menimbulkan desas-sesus ditengah masyarakat.

Bahkan ada juga yang menyebutkan menaruh air laut pada wadah tertentu agar menguap dan membentuk awan. Himbauan ini secara berantai sehingga tersebar luas dan menimbulkan keresahan.

Berita "baskomisasi" itu adalah HOAX atau tidak benar. Berita serupa juga pernah beredar luas pada September lalu dengan wadah ember dan baskom. BMKG telah menyampaikan berita itu menyesatkan karena mengatasnamakan BMKG.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan tidak masuk akal baskom akan menguapkan uap air dan membantu turunnya hujan.

Penguapan air laut di laut dan samudera yang ada di perairan Indonesia saja tidak mampu memproduksi uap air yang akan kondensasi di atmosfer membentuk awan-awan. Apalagi dengan luasan dari baskom. Kondisi perairan laut, cuaca dan atmosfer di Indonesia memang kering, ujarnya.

"Apalagi ada siklon tropis di Filipina yang menarik massa uap air di wilayah Indonesia dan menyebabkan awan-awan tidak terbentuk. Ditambah dengan partikel asap yang melayang di atmosfer juga menyerap uap air sehingga awan tidak terbentuk. Jika pun ada awan sifatnya mandul, tidak menghasilkan hujan,"jelasnya.

Sekali lagi, berita itu tidak benar. Mohon jangan disebarluaskan karena membodohi masyarakat. Justru sebarluaskan berita agar jangan membakar hutan dan lahan lagi, tandasnya.(**)

Kategori:Bukittinggi, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/