Home  /  Berita  /  Umum

Iko Baru Mantap... Desa Ini Isinya Rumah Gadang Semua, Ada yang Sudah Berusia 300 Tahun

Iko Baru Mantap... Desa Ini Isinya Rumah Gadang Semua, Ada yang Sudah Berusia 300 Tahun
Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan
Sabtu, 05 September 2015 22:25 WIB
Penulis: .
SOLOK SELATAN, GOSUMBAR.COM - Tahukah Anda, ternyata di Sumbar masih ada kampung yang isinya rumah gadanga semua. Benar-benar keren. Lokasinya di Solok Selatan.

Solok Selatan adalah kabupaten yang cukup jauh dari Padang, Sumatera Barat. Namun ada hidden gem pariwisata yang layak diketahui wisatawan. Di sana ada desa wisata yang isinya rumah gadang semua.

Tempat itu bernama Kawasan Saribu Rumah Gadang di Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagau di Solok Selatan.

Jumat (3/9/2015) sore kemarin, rombongan mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Adrinof Chaniago dan mantan Menteri Tenaga Kerja Fahmi Idris, bersama para tokoh Minang hadir ke kampung tersebut.

Mereka pun disambut dengan tarian selamat datang. "Wisatawan bisa datang kapan saja ke desa wisata ini. Tapi kalau ada tamu khusus, disiapkan tarian penyambutan," kata Ririn salah satu Uni atau putri kecantikan Kabupaten Pesisir Selatan.

Kawasan Saribu Rumah Gadang sungguh unik. Banyak rumah adat Minang bertebaran di kanan kiri jalan desa. Ada yang full kayu, ada juga yang sudah dimodifikasi. Suasananya sungguh seperti masa dahulu.

"Desa ini pernah dipakai untuk syuting film Di Bawah Lindungan Kabah ," kata Miftah, seorang pengunjung.

Ikon utama di desa wisata ini adalah rumah gadang paling tua bernama Rumah Gadang Kaum Suku Melayu Bu Anau Koto Baru. Inilah rumah gadang paling besar di kawasan tersebut dan sudah berumur 300 tahun.

Rombongan tamu disambut dengan jamuan makanan ringan dan kue-kue beraneka macam. "Saya senang masih ada tempat seperti ini yang melestarikan kebudayaan Minang. Semoga bisa terus dilestarikan," kata Adrinof Chaniago memberi sambutan.

Wara-wari di desa ini sungguh menarik. Siapkan kamera Anda untuk memfoto aneka model rumah gadang. Kawasan Saribu Rumah Gadang juga memiliki home stay untuk wisatawan.

Jangan lewatkan pula masjid tua yang bernama Masjid Raya Koto Baru, arsitekturnya begitu antik dan menawan. ***

Sumber:detik.com
Kategori:Solok Selatan, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/