Home  /  Berita  /  Umum

Wakil Ketua DPRD Padang Berharap Dewan Pers Jadi Fasilisator Wartawan Dapatkan Pinjaman Bank

Wakil Ketua DPRD Padang Berharap Dewan Pers Jadi Fasilisator Wartawan Dapatkan Pinjaman Bank
Ketua Dewan Pers Bagir Manan, Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu IP dan Peneliti LPDS Priambodo saat berdiskusi dengan Forum Wartawan Parlemen Kota Padang, di Gedung Dewan Pers.
Kamis, 03 Desember 2015 00:15 WIB
Penulis: Agib M Noerman
JAKARTA - Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra berharap Dewan Pers mau menjadi fasilisator bagi wartawan agar mendapatkan kredit atau pinjaman di dunia perbankan. Keinginan Wahyu tersebut muncul setelah melihat wartawan sulit mendapatkan pinjaman dari pihak bank.

"Faktanya, hingga saat ini dunia perbankan enggan memberikan kredit ataupun pinjaman pada wartawan. Padahal, wartawan merupakan profesi yang mulia," kata Wahyu saat dialog Forum Wartawan Parlemen Kota Padang dengan Dewan Pers, Rabu (2/12) di Jakarta.

Lebih lanjut, dihadapan Ketua Dewan Pers Bagir Manan, Wahyu menyampaikan, suka atau tidak suka masih ada wartawan yang belum sejahtera dari segi ekonomi. Nah, dengan adanya pinjaman dari bank wartawan bisa meningkatkan perekonomian.

"Saya berharap Dewan Pers menjembatani wartawan dengan dunia perbankan agar mendapatkan kemudahan dalam bentuk pinjaman," tegas Wahyu.

Keinginan anggota Fraksi Golkar ini disambut baik Dewan Pers. Ketua Dewan Pers Bagirmanan mengakui, masih banyak pihak terutama perbankan memberikan kepercayaan pada wartawan terkait pinjaman dana. Jika memang ada, pinjaman dana tersebut hanya diberikan kepada perusahaan pers atau pemilik surat kabar.

"Masukan ini sangat bagus. Dan, ke depan usulan ini menjadi perhatian Dewan Pers," ujar Bagir Manan.

Mantan Ketua Mahkamah Agung ini juga menyinggung soal kesejahteraan wartawan. Menurutnya, ada beberapa persahaan pers terutama di daerah yang belum memperhatikan kesejahteraan wartawannya. Dan ini, ungkap Bagir, menyebabkan wartawan melabrak etika jurnalistik di lapangan.

"Profesi jurnalis dirusak oleh oknum wartawan yang berusaha "bandel" di lapangan. Perbuatan seperti ini menjatuhkan martabat wartawan itu sendiri," pungkasnya. (agb)

Kategori:Padang, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/