Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Walikota dan Ketua DPRD: Payakumbuh Perlu Semangat Pengorbanan untuk Maju

Walikota dan Ketua DPRD: Payakumbuh Perlu Semangat Pengorbanan untuk Maju
Malam hiburan rakyat HUT ke-70 RI di Pelataran Parkir Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah dengan menghadirkan Yen Rustam dan Tari KDI.
Selasa, 18 Agustus 2015 21:11 WIB
Penulis: Hermanto Ansam
PAYAKUMBUH, GOSUMBAR.COM - Meski dalam keterbatasan financial daerah, bukan berarti pembangunan di kota Payakumbuh, Sumatera tak menggeliat. Hanya saja, gerak pembangunannya tak bisa melakukan lompatan terlalu tinggi. Untuk menjaga keseimbangan itu, diperlukan peran serta seluruh elemen masyarakat agar Payakumbuh mampu membayangi kota-kota lainnya dalam pembangunan.

Demikian disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, dalam sambutannya yang sama, pada acara malam resepsi HUT Kemerdekaan ke-70 RI dan hiburan rakyat di pentas terbuka di Taman Wisata Ngalau Indah, Senin (17/8/2015) malam. Pesta rakyat menampilkan dua penyanyi papan atas Sumbar, Yet Rustam dan Tari KDI, itu disaksikan ribuan warga kota, bersama anggota Muspida, pimpinan dan anggota DPRD, Wawako H. Suwandel Muchtar, serta pimpinan SKPD.

Kehadiran duo penyanyi Minang yang diprakarsai Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dibawah pimpinan Syahnadel Khairi itu, sangat menghibur masyarakat. Keduanya, sangat komunikatif dalam mengalunkan tembang favoritnya, dan spontan mengajak warga tampil ke atas panggung, sambil berduet dan berjoget.

''Kami sangat menikmati pesta rakyat ini,'' ucap Santi dan Boy yang ikut bernyanyi bersama Tari KDI dan Yet Rustam.

Menurut kedua pimpinan kota ini, memperingati HUT Kemerdekaan RI, bukan sekedar menjalani acara ceromonial saja. Tapi, memaknai bagaimana perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan itu.

Semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan para syuhada itu, di era pembangunan sekarang ini tak boleh luntur dan mengendor. Sebaliknya, harus ditingkatkan, untuk memacu pembangunan, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata. ''Kota ini butuh semangat pengorbanan warga guna berpartisipasi dalam pembangunan,'' ajak walikota dan ketua dewan.

Dikatakan, meski kapling anggaran yang diberikan pemerintah pusat buat Payakumbuh relatif tak besar, namun jika pemanfaatannya berdasarkan proposi yang tepat dan diaplikasikan dengan dukungan semangat pengorbanan dan perjuangan, bukan mustahil Payakumbuh akan lebih cepat maju dalam beberapa dekade mendatang. ''Seyogyanya, setiap insan di Payakumbuh mewarisi semangat perjuangan ini dan pengorbanan ini,'' ingat keduanya.

Pada malam pesta rakyat itu, Walikota Riza Falepi, Wawako Suwandel Muchtar, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Kapolresta AKBP Yuliani, Dandim 0306 Letkol Inf. Heri Sumitro, Kajari Hasbih, Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi dan Ketua GOW Ny. Hj. Suwandel Muchtar, juga menyerahkan piala dan hadiah dari serangkaian lomba yang digelar kaum ibu Payakumbuh, dipimpin langsung isteri walikota, Ny. Henny. (mds)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/