Home  /  Berita  /  Umum

Pahlawan Seni dan Olahraga Indonesia Mendapat Bantuan Rp 2 Miliar dari UID

Pahlawan Seni dan Olahraga Indonesia Mendapat Bantuan Rp 2 Miliar dari UID
Tantowi Yahya saat menyerahkan bantuan kepada Sundari Sukotjo. (Dok. IUD)
Rabu, 17 Januari 2024 17:56 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Yayasan Upaya Indonesia Damai (UID) atau yang dikenal dengan United In Diversity Foundation, bersama dengan Yayasan Bunga Bali dan Sanggar Ring Luwur Akasa, telah menyerahkan donasi sebesar Rp 2 Miliar kepada pahlawan seni dan olahraga Indonesia. Donasi ini merupakan hasil penggalangan dana dari Lelang Lukisan Amal Bhinneka Tunggal Ika.

Pada acara yang berlangsung di UID Learning Hub Jakarta pada Selasa, 16 Januari 2024, tahap pertama dari aksi sosial ini menyalurkan sejumlah Rp 600 juta kepada enam pahlawan seni dan olahraga yang telah mengharumkan nama Indonesia.

Di antaranya adalah H. Ukat (Seniman Musik Dangdut), Sukardi (Seniman Musik Keroncong), Budiman (Atlet Sepak Bola), Mardi Lestari (Atlet Pelari), Putu Wijaya (Sastrawan), dan Emie Djohan (Penyanyi & Aktris Indonesia).

Tantowi Yahya, Presiden UID, menyatakan bahwa donasi ini bukan hanya sekadar bentuk dukungan finansial, melainkan juga sebuah apresiasi atas dedikasi dan prestasi tak terhitung jumlahnya dari para pahlawan seni dan olahraga Indonesia.

"Bersama-sama, kita memberikan cahaya baru bagi mereka yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan karya dan prestasinya," ujar Tantowi Yahya kepada awak media dalam jumpa pers di kantor UID, Jakarta Pusat, Selasa (16/1/2023).

Sisa donasi sebesar Rp 1,2 miliar akan dimasukkan ke dalam tabungan untuk modal awal yayasan, sebagai antisipasi kebutuhan mendatang.

Tantowi Yahya juga menekankan bahwa dukungan ini tidak mungkin berjalan tanpa kerjasama dari berbagai organisasi seperti fesmi, papri, Stanley, wami, dan organisasi lainnya yang turut mendukung kegiatan ini.

Ernie Djohan, salah satu penerima manfaat, mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap inisiatif yang dilakukan oleh UID. "Saya bukan siapa-siapa kalau tanpa ada terima kasih sudah mengingat dan hargai saya," katanya.

Begitu pula dengan Putu Wijaya yang berharap donasi ini dapat memberikan semangat dan inspirasi kepada generasi muda Indonesia. 

UID berkomitmen untuk memastikan bahwa donasi tersebut dapat dipertanggung jawabkan dengan baik, dengan proses kurasi yang melibatkan berbagai pintu organisasi, termasuk organisasi seni dan olahraga.

Melalui langkah ini, diharapkan bantuan akan tepat sasaran, mendukung kesejahteraan para pejuang seni, dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara. (Yazid N). ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/