Home  /  Berita  /  Olahraga

Tepat Shin Tae-yong Pilih TC Timnas Indonesia di Antalya

Tepat Shin Tae-yong Pilih TC Timnas Indonesia di Antalya
Ketua Umum PSSI Zainudin Amali saat menyaksikan Timnas Indonesia latihan di Antalya, Turki. (PSSI)
Senin, 25 Desember 2023 21:07 WIB
Penulis: Azhari Nasution

ANTALYA – Wakil Ketua Umum I PSSI Zainudin Amali menilai tepat pilihan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membawa Pasukan Garuda menjalani Trainning Camp (TC) di Antalya, Turki dalam rangka persiapan menuju Piala Asia 2023 Qatar.  Apalagi, tempat TC Timnas Indonesia itu juga digunakan oleh tim-tim negara lain.

“Saya mendapat tugas dari Pak Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI untuk melihat secara langsung TC Timnas Indonesia. Dan, saya merasa tepat pilihan coach Shin Tae-yong memilih TC di Antalya, Turki. Fasilitasnya sangat memadai dan juga sering dipergunakan tim-tim negara lain,” kata Zainudin Amali yang dihubungi melalui  WhatsApp, Senin (25/12/2023).

Selain lokasi TC berada di Hotel Titanic Deluxe Golf Belek, Antalya, Turki yang menjadi tempat penginapan, kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) periode 2019-2023, makanan yang disediakan sangat bagus dan memenuhi kebutuhan gizi pemain timnas Indonesia. “Saya melihat makanan yang disiapkan pihak pengelola hotel cukup bervariasi dan memenuhi kebutuhan gizi para pemain Timnas Indonesia,” ungkapnya.

Dalam rangka persiapan menuju Piala Asian 2023 Qatar, kata Zainudin Amali, program latihan yang diberikan pelatih asal Korea Selatan untuk Timnas Indonesia , Shin Tae-yong cukup berat. Hal ini terkait untuk meningkatkan kondisi fisik dan mental Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan.

“Saya melihat para pemain termasuk kiper Timnas Indonesia menjalani latihan cukup berat tetapi mereka mampu mengikutinya dengan baik. Semua ini dilakukan dalam rangka menyiapkan kondisi fisik dan mental pemain lebih baik saat tampil di Piala Asia 2023 Qatar nanti,” kata Amali sembari mengeaskan ranah teknis maupun penentuan tempat TC itu memang menjadi hak pelatih dan PSSI hanya memfasilitasi dan memberikan dukungan.

Berbicara masalah target Timnas Indonesia, Zainudin Amali menyebut Shin Tae-yong telah mematok target lolos ke babak 16 besar. Dan, PSSI mendorong Shin Tae-yong mewujudkan target tersebut.

Di Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di Grup D dan akan bersaing dengan tim-tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Vietnam. "Tentu sebagaimana yang telah disampaikan oleh coach Shin Tae-yong, dia menargetkan untuk kita lolos ke 16 besar. Itu yang kita harapkan. Federasi tentu harus realistis," tegasnya.

Dia juga mengungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir selalu berdiskusi dengan Shin Tae-yong tentang perkembangan dari para pemain yang akan menjalani TC hingga 6 Januari 2024.

"Ketua Umum selalu berdiskusi dengan pelatih sejauh mana kemampuan dari anak-anak ini. Kita juga tidak bisa menargetkan hal yang muluk-muluk, sementara kita tidak realistis dengan kondisi kita sendiri," katanya.

Selain berlatih, skuad Garuda juga bakal beruji coba sebanyak dua kali dengan Libya pada 2 dan 5 Januari 2024. Setelah itu, persiapan dilanjutkan di Qatar. Dan sebelum Piala Asia 2023 dimulai pada 12 Januari 2024, Indonesia akan menantang Iran dalam laga persahabatan pada 9 Januari. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/