Home  /  Berita  /  Olahraga
Asian Games 2022 Hangzhou

Samuel ke Final, Tharisa Terhenti di Semifinal

Samuel ke Final, Tharisa Terhenti di Semifinal
Samuel Marbun (biru) saat melepaskan pukulan. (Ist)
Rabu, 27 September 2023 20:54 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Atlet Sanda Indonesia Samuel Marbun memastikan tiket ke final di cabang olahraga wushu nomor Sanda Asian Games 2022 Hangzhou. Dalam pertandingan babak semifinal kelas 65kg putra yang digelar di XSG Sports Centre Hangzhou, China, Rabu (27/6/2023), Samuel, panggilan akrabnya, berhasil meraih kemenangan telak atas atlet Filipina, Clemente Tabugara Jr dengan skor 2-0. 

Sejak ronde awal hingga akhir, Anak Medan ini punya nyali yang cukup besar. Dia berhasil memaksa Clemente untuk bertarung dalam jarak pendek sehingga bisa.melepaslan pukulan dan bantingan. 

"Lawan yang dihadapi Samuel itu cukup bagus dan punya jam terbang lebih banyak. Alhamdulilah  Samuel mampu mengatasinya dengan memaksa lawan bertarung jarak pendek sesuai instruksi," kata Pelatih Timnas Wushu Indonesia khusus nomor Sanda, Mukhlis.  

Di partai pamungkas yang dimainkan Kamis (28/9/2023), Samuel akan menghadapi atlet sanda Iran, Toupghara Salimi yang mengalahkan Seong Jin Jeon dari Korea Selatan dengan skor 2-0. "Mudah-mudahan Samuel.bisa tampil lebih baik lagi sehingga bisa merebut medali emas," kata Mukhlis. 

Sebelumnya, Tharisa Dea Florentina gagal memenuhi ambisinya untuk merebut medali emas. Langkah juara Universiade 2023 Chengdu ini terhenti di semifinal setelah dikalahkan Samiroumi Elaheh Mansoryan dari Iran. 

Dengan kekalahan ini Tharisa sudah memastikan menambah 1 medali perunggu buat Kontingen Indonesia di ajang pesta olahraga empat tahunan negara Asia edisi ke-19.  "Secara permainan Tharisa sudah bagus. Tetapi, lawannya dari Iran itu atlet veteran yang sarat pengalaman bertanding di kancah internasional," jelas Mukhlis. 

GoSumbar.com Tharisa Dea Florentina (biru).
Tharisa Dea Florentina (biru). (NOC Indonesia)

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto melalui video call menyapa seluruh atlet wushu Indonesia. Menko Perekonomian ini memberikan semangat baik atlet yang sudah bertanding  termasuk Samuel Marbun yang akan tampil di final.

Timnas Wushu Indonesia khusus Taolu sudah menyumbangkan 1  medali emas, 1 perak dan 1 perunggu bagi Kontingen Indonesia.  ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/