Home  /  Berita  /  Olahraga
Asian Games 2022 Hangzhou

CdM Basuki Tatap Optimistis Raihan Medali Tim Indonesia

CdM Basuki Tatap Optimistis Raihan Medali Tim Indonesia
CdM Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou, Basuki Hadimuljono. (NOC Indonesia)
Minggu, 24 September 2023 18:21 WIB
Penulis: Azhari Nasution
HANGZHOU - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Asian  Games 2022 Hangzhou Basuki Hadimuljono bangga atas prestasi yang telah diraih atlet-atlet Merah Putih di hari pertama perburuan medali. Pada Mingggu (24/9/2023) hingga pukul 17.00 WIB, Kontingen Indonesia telah mengoleksi 1 perak dan 3 perunggu.

Satu-satunya medali perak disumbangkan atlet senior wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo dari nomor Changquan (tangan kosong). Sedangkan 3 medali perunggu didapat dari cabor rowing. Adalah Chelsea Corputty/Mutiara Rahma Putri yang tercatat sebagai penyumbang medali pertama untuk Merah Putih di nomor Women’s Lightweight Double Sculls.

Dua keping lainnya didapat Ihram/Memo (Rowing-Men’s Double Sculls) serta Rifqi Harits Taufiqurahman/Kakan Kusmana/Sulpianto/Rendi Setia Maulana/Asuhan Pattiha/Ferdiansyah/Denri Maulidzar Alghiffari/Ardi Isadi/Ujang Hasbulloh yeng turun di nomor Men’s Eight.

“Alhamdulillah semoga apa yang diraih hari ini dapat memberikan semangat kepada atlet-atlet Tim Indonesia yang masih bertanding atau akan menghadapi babak final. Terima kasih kepada atlet-atlet dayung dan wushu yang hari ini sudah mendapatkan 1 perak dan 3 perunggu hari ini,” kata Basuki.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR) ini optimistis Tim Indonesia mampu mendulang sukses. Beberapa cabang olahraga, katanya, memiliki peluang mengisi pundi medali bagi Merah Putih.

“Saya kira sesuai yang telah disampaikan Komite Olimpiade Indonesia dan Pak Presiden (Joko Widodo) saat pelepasan. Kita memiliki beberapa cabang olahraga potensial, salah dua sudah berhasil mendapatkan medali hari ini. Besok dayung (rowing) masih ada tampil di final, semoga kita bisa mendapatkan emas melalui cabang olahraga andalan kita, di antaranya ada bulu tangkis, sport climbing, dan panahan. Sebab, beberapa cabor di Asian Games Hangzhou ini juga menjadi perebutan tiket menuju Olimpiade Paris 2024,” ujar Basuki.

Tim Indonesia dipimpin oleh CdM Basuki Hadimuljono berkekuatan 413 atlet yang turun di 202 nomor pertandingan, 41 disiplin, 30 cabor. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/