Home  /  Berita  /  Olahraga

Buka Kongres FORKI XVI 2023, Menpora Dito: Kejuaraan Merupakan Bagian Proses Pembinaan dan Regenerasi Atlet Karate

Buka Kongres FORKI XVI 2023, Menpora Dito: Kejuaraan Merupakan Bagian Proses Pembinaan dan Regenerasi Atlet Karate
Menpora Dito saat membuka Kongres FORKI XVI 2023. (Humas Kemenpora)
Minggu, 30 Juli 2023 19:16 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka secara resmi kongres Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) XVI 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (30/7/2023). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong. 

Dito mengawali sambutannya mengatakan karate merupakan salah satu cabang olahraga bela diri populer di Indonesia. Bahkan di tingkat sekolah ada beberapa yang menjadikannya sebagai kegiatan esktrakurikuler. 

“Kejuaraan-kejuaraan dalam berbagai kategori pertandingan juga dilaksanakan secara berjenjang menjadi salah satu bagian dari proses pembinaan dan regenerasi atlet karate,” ujar Menpora Dito.

Disamping itu, Menpora Dito mengapresiasi pencapaian tim karate Indonesia diajang SEA Games 2023 Kamboja. Karate berhasil menyumbang dua emas, empat perak, dan tujuh perunggu diajang pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara. 

“Oleh karenanya saya memberikan apresiasi tinggi atas kerja keras dari seluruh jajaran PB FORKI dalam pembinaan atlet dan prestasi yang diciptakan,” terang Menpora Dito. 

Lebih lanjut, Menpora Dito berharap kongres yang berlangsung sampai 31 Agustus besok bisa berjalan dengan lancar, tertib, dan sukses. Serta melahirkan gagasan atau ide cemerlang untuk kemajuan PB FORKI dan juga prestasi atlet. 

“Kemenpora tentu mendukung penuh program-program keolahragaan yang akan dilakukan oleh cabang olahraga karate. Kami juga mendukung penuh pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga karate. Juga mendorong tata laksana organisasi dengan manajemen yang kokoh, solid, dan terencana baik,” ucap Menpora Dito. 

Sementara itu, Ketua Umum PB FORKI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan kolaborasi kepada Kemenpora setelah seluruh stakeholder olahraga di Tanah Air. Dalam kongres ini, dia juga menyampaikan akan melakukan evaluasi dan menentukan program kerja yang akan datang. 

“Tentu evaluasi dilakukan untuk menciptakan prestasi yang lebih baik lagi dan meningkatkan kinerja. Kedepan hubungan yang sudah terjalin dengan selama ini harus dijaga dan ditingkatkan agar karate menjadi olahraga andalan kita dipentas internasional,” jelas Hadi. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/