Home  /  Berita  /  Umum

Tingkatkan Kualitas Udara dalam Ruangan, Yuk Intip 7 Manfaat Air Purifier

Tingkatkan Kualitas Udara dalam Ruangan, Yuk Intip 7 Manfaat Air Purifier
Jum'at, 28 Juli 2023 16:06 WIB

Saat ini, terdapat kekhawatiran yang meningkat tentang tingkat polusi udara baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Hal ini karena, udara dalam ruangan tidak tersirkulasi sebanyak udara luar, banyak polutan udara terus berkembang di dalam.

Air purifier dapat menyegarkan udara pengap, mengurangi kemungkinan masalah kesehatan yang disebabkan oleh polutan dalam ruangan, yang dapat memicu infeksi pernapasan, masalah neurologis, atau memperburuk gejala pada penderita asma.

Air purifier juga dapat menghilangkan beberapa jenis polutan udara dalam ruangan, menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, masih banyak manfaat-manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan air purifier ini. Penasaran? Yuk simak pembahasannya dibawah ini

1. Mengurangi Jamur.

Manfaat air purifier yang menarik adalah kemampuannya untuk memberantas jamus yang bisa menjadi sumber penyakit.

Spora jamur yang menyebar di udara dalam ruangan bisa memunculkan risiko kambuhnya alergi, yang dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan.

Untuk menghindari hal tersebut, dapat mencoba mengurangi jamur tersebut dengan cara menggunakan air purifier.

2. Meredakan Gejala Asma.

Polutan seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau tungau debu mengiritasi saluran pernapasan seseorang, yang menyebabkan kesulitan bernapas.

Sebagian besar air purifier mengandung filter teknologi HEPA, yang dapat menghilangkan 99,7 persen dari airborne particulate matter (PM) yang bersirkulasi di lingkungan rumah.
Penggunaan air purifier yang efisien terus menjaga udara dalam ruanganmu bebas dari polutan, sehingga mengurangi kemungkinan kesulitan bernapas yang disebabkan oleh asma.

3. Membersihkan Asap Rokok.

Asap tembakau dapat menyebabkan efek samping kesehatan yang serius seperti bronkitis dan asma. Asap rokok juga dapat merusak anak-anak yang paru-parunya lebih rentan saat mereka berkembang.

Manfaat air purifier adalah membantu menghilangkan bagian berbahaya dari asap. Filter HEPA dapat menghilangkan lebih dari setengah partikel merusak yang dihasilkan oleh asap rokok yang terperangkap dalam filter.

Ini juga membantu menghilangkan faktor risiko asap rokok, yang dapat dihirup jika tinggal dengan seorang perokok.

4. Menghilangkan Virus dan Bakteri Udara.

Salah satu manfaat air purifier adalah menghilangkan virus dan bakteri di udara. Sebuah penelitian dengan menggunakan medote tes telah dilakukan di Retroscreen Virology, Inggris.

Mereka melakukan penelitian dengan memasukan virus dalam kotak dan dihitung penurunan jumlah aktivitas virus setelah digunakan air purifier.

5. Menurunkan Kadar Zat Kimia dalam Ruangan.

Tak hanya di jalanan saja, polusi juga ternyata bisa ditemukan di dalam rumah. Menurut situs lembaga pemerhati lingkungan EPA (Environmental Protection Agency), polusi dalam ruangan dapat muncul dari gas atau partikel yang berasal dari material serta furnitur rumah.

Mulai dari asbes, lantai, karpet, hingga kayu furnitur, ada banyak hal-hal kecil yang sekilas tampak biasa saja, namun ternyata turut berpengaruh pada polusi di dalam rumah.

Dengan keberadaan air purifier dapat membawa manfaat berupa perlindungan dari polusi dalam rumah tersebut.

Air purifier akan membantu menyingkirkan partikel perlengkapan rumah tangga yang berkeliaran di udara.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur.

Air purifier dapat menyaring alergen kamar tidur, seperti bakteri, jamur, dan tungau debu, yang dapat memicu alergi dan gangguan tidur.

Namun jika menghirup udara yang lebih bersih, maka bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

7. Menghilangkan Radon Berbahaya.

Radon merupakan gas berbahaya yang tidak memiliki warna dan bau. Biasanya, gas ini dipancarkan melalui bahan bangunan, seperti tanah, granit, dan batuan.

Bila menghirupnya terus menerus, maka bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Air purifier memiliki filter HEPA yang dapat menjebak radon dan gas tersebut. Lalu, mengubahnya menjadi udara yang lebih bersih. ***

Kategori:Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/