Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
PSIS Semarang Terus Jaga Asa Tembus 4 Besar
Olahraga
18 jam yang lalu
PSIS Semarang Terus Jaga Asa Tembus 4 Besar
2
Kemenangan Penting Persija dari RANS Nusantara
Olahraga
17 jam yang lalu
Kemenangan Penting Persija dari RANS Nusantara
3
Beri Kesempatan Pemain Minim Bermain, Marcelo Rospide Fokus Strategi Hadapi Persebaya
Olahraga
17 jam yang lalu
Beri Kesempatan Pemain Minim Bermain, Marcelo Rospide Fokus Strategi Hadapi Persebaya
4
Arema FC Fokus Recovery Hadapi Laga Terakhir
Sepakbola
17 jam yang lalu
Arema FC Fokus Recovery Hadapi Laga Terakhir
5
Persebaya Ingin Menang dengan Kebanggaan di Laga Terakhir
Olahraga
17 jam yang lalu
Persebaya Ingin Menang dengan Kebanggaan di Laga Terakhir
6
Aditya dan Novendra Melejit, Temur Kuybakarov Terlempar dari Klasemen Sementara
Olahraga
13 jam yang lalu
Aditya dan Novendra Melejit, Temur Kuybakarov Terlempar dari Klasemen Sementara
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Olahraga

Menpora Dito Puji Partisipasi Masyarakat dalam FORNAS VII Jawa Barat

Menpora Dito Puji Partisipasi Masyarakat dalam FORNAS VII Jawa Barat
Menpora Dito Ariotedjo saat membuka FORNAS VII Tahun 2023. (Kemenpora)
Minggu, 02 Juli 2023 22:07 WIB
Penulis: Azhari Nasution

BANDUNG - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo memuji partisipasi masyarakat dalam keikutsertaannya pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VII tahun 2023 yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, mulai 2 hingga 9 Juli 2023 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menpora Dito ketika bersama Menko PMK Muhadjir Effendi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, membuka FORNAS VII di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (2/7/2023) malam.

Tercatat, keikutsertaan masyarakat pada FORNAS 2023 ini mengalami peningkatan 50 persen, dimana pada edisi sebelumnya yang berlangsung di Palembang 2021 lalu hanya diikuti 11 ribu orang, sedangkan kali ini diikuti 23 ribu masyarakat olahraga dari 38 Provinsi di seluruh Indonesia.

Terpilihnya Jawa Barat sebagai tuan rumah penyelenggaraan FORNAS VII 2023 ini menurut Menpora Dito sangat tepat, karena diiringi dengan bertambahnya keikutsertaan dari para Induk Olahraga (INORGA), disusul dengan antusias para masyarakat yang menyambutnya dengan sangat positif.

"Saya salut dan bangga atas partisipasi dan semangat Induk Olahraga (INORGA) serta para pegiat olahraga masyarakat dari seluruh tanah air dalam keikutsertaannya terhadap FORNAS VII tahun 2023 ini. Partisipasi 23 ribu peserta merupakan angka yang fantastis, dimana tentunya akan memberikan inspirasi dan semangat baru untuk aktif berolahraga, lantaran ini pun menjadi bagian dari kampanye Kemenpora yang tak hanya olah rasa dan olah karya, tetapi juga olahraga," ucap Menpora Dito kepada awak media.

"Kalau dilihat dari jumlah partisipasi, terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, sehingga ini akan meningkatkan indeks kebugaran, sehingga sudah pada jalurnya menuju Indonesia Bugar 2045," tambahnya.

Selain itu, Menpora Dito juga mengatakan dari partisipasi masyarakat dengan jumlah yang besar tersebut tentu akan berdampak pada Sport Industry dan Sport Tourism Jawa Barat umumnya dan Bandung khususnya.

Menpora asal partai Golkar itu menilai bahwa olahraga masyarakat yang di dalamnya terdapat olahraga rekreasi ini memadukan nilai-nilai budaya, history serta semangat gotong royong, sehingga hal tersebut bisa membawa masyarakat Indonesia lebih sehat lagi, sekaligus sebagai momentum penguatan persatuan dan kesatuan bangsa, serta menguatkan rasa kebersamaan dan kegembiraan.

"Sepulang nanti dari FORNAS Bandung, maka semua INORGA, perlu makin aktif untuk mengajak masyarakat bergerak dan berolahraga. Kedepan, olahraga harus makin menjadi pendekatan preventif, sebagai investasi jangka panjang, karena daripada mengobati orang sakit, lebih baik melindungi dan tetap menyehatkan orang sehat. Maka Indonesia akan jauh lebih produktif dan lebih berdaya saing," ungkapnya.

"Makin tinggi partisipasi masyarakat berolahraga, makin bugar dan sehat, makin produktif masyarakat kita, sehingga makin tinggi pula kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.

Pertandingan FORNAS ke-VII ini dihelat di 37 venue pertandingan yang tersebar di empat wilayah di Kabupaten Bandung, yakni Kecamatan Kutawaringin, Kecamatan Soreang, Kecamatan Rancabali dan Kecamatan Margahayu.

Kemudian pertandingan eksibisi berbagai jenis olahraga masyarakat 85 Induk Organisasi Olahraga Masyarakat (INORGA) anggota KORMI pun akan digelar, antara lain senam kebugaran, yoga, tai chi, olahraga pernapasan, barongsai, berbagai olahraga tradisional, sepeda BMX maupun sepeda tua (onthel), push bike bagi anak-anak usia 5-7 tahun, skate board, dan street soccer.

Lantas digelar pula pertandingan eSports, Airsoftgun, panahan tradisional, layang-layang, lari trail dan orienteering, off-road, pencak silat, karate, taekwondo, binaraga, panco, ketapel, dance sport, dan berbagai olahraga masyarakat lainnya dari 3 cluster komisi olahraga KORMI, yaitu Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK), Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB), dan Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT).

Selain itu, FORNAS 2023 juga akan menghadirkan event seru lainnya, yaitu Sport Expo and Sports Fashion, Festival Pencak Silat Tradisi, mSeminar Olahraga, games, eksibisi, bazar bagi para UMKM, serta konser usik, hingga menjadikan ajang ini sebagai sports tourism, sehingga ajang ini sejalan dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/