Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Mahyeldi Puji Kemajuan Riau di Era Syamsuar dan Berharap Berdampak ke Sumbar

Mahyeldi Puji Kemajuan Riau di Era Syamsuar dan Berharap Berdampak ke Sumbar
Minggu, 18 Juni 2023 23:52 WIB
Penulis: Fernando
PADANG – Sejumlah capaian signifikan berhasil diraih Provinsi Riau selama dipimpin oleh Gubernur Syamsuar, yang telah memegang tampuk kepemimpinan selama kurang lebih 4 tahun.

Pujian itu disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, saat menjamu Syamsuar dan rombongan di kediaman gubernuran di Kota Padang, Minggu (18/6/2023).

"Alhamdulillah, banyak kemajuan terlihat di Riau. Misalnya, pertumbuhan ekonomi Riau adalah salah satu yang tertinggi di Indonesia," kata Mahyeldi yang akrab disapa Buya.

Dalam perkembangannya, Riau tercatat sebagai salah satu provinsi tujuan utama investasi di Indonesia.

Menurut Buya, terjadi peningkatan signifikan target investasi Riau setiap tahun. Pada tahun 2022, investasi di Riau ditetapkan sebesar Rp60 triliun dan melonjak drastis menjadi Rp100 triliun pada tahun 2023.

"Ini tentu luar biasa," ungkap Buya. "Investasi besar seperti ini akan memberikan efek multiplier bagi kemajuan masyarakat," lanjutnya.

Mahyeldi menambahkan, pembangunan infrastruktur jalan tol yang digalakkan pemerintah turut mempererat hubungan antara Riau dan Sumbar. Arus pergerakan orang dan barang antara dua provinsi tersebut menjadi semakin dekat dan lancar.

"Apabila jalan tol Pekanbaru-Padang telah selesai, perjalanan dari Pekanbaru ke Padang diperkirakan hanya memakan waktu sekitar 4 sampai 5 jam. Ini tentu akan mempermudah akses antara Sumbar dan Riau," jelasnya.

Sementara itu, Gubri Syamsuar menyampaikan terima kasih atas kerjasama baik antara Riau dan Sumbar yang telah terjalin selama ini.

"Riau banyak dibantu oleh Sumbar khususnya untuk tanaman pangan seperti beras," sebut Syamsuar.

Dia juga menegaskan bahwa ekonomi Riau banyak didukung oleh industri kelapa sawit. Saat harga kelapa sawit melonjak, ekonomi masyarakat Riau pun ikut membaik. Hal ini tentu berdampak positif bagi wisata di Sumbar.

"Jadi, masyarakat Riau juga banyak memberikan kontribusi bagi ekonomi Sumbar," pungkas Syamsuar. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/