Home  /  Berita  /  Olahraga

Mantan Juara Dunia asal Spanyol Dilibatkan Dalam Program Pelatihan Pelatih Anggar

Mantan Juara Dunia asal Spanyol Dilibatkan Dalam Program Pelatihan Pelatih Anggar
Ketua Umum PB IKASI, Amir Yanto saat membuka program pelatihan pelatih anggar di Bali. (Istimewa)
Sabtu, 01 April 2023 22:54 WIB
Penulis: Azhari Nasution
DENPASAR  - Bukan hanya memberangkatkan Timnas Anggar Indonesia menjalani Trainning Camp (TC) di Hungaria dalam rangka persiapan menuju SEA Games 2023 Kamboja, Asian Games 2023 Hangzhou dan babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) pimpinan Amir Yanto juga memulai program peningkatan kualitas pelatih.

Amir Yanto yang juga menjabat sebagai Jamintel Kejaksaan Agung Republik Indonesia ini membuka secara resmi program pelatihan Anggar Tingkat Dasar Provinsi Bali yang digelar Pengprov IKASI Bali di Denpasar, Bali, Sabtu (1/4/2023). Program pelatihan pelatih yang berlangsung hingga Minggu (2/4/2023) ini diikuti 25 pelatih yang berasal dari Bali, Sulawesi Selatan dan Bengkulu.

"Kami berterima kasih atas dukungan dan kesediaan pak Amir Yanto membuka program kepelatihan yang digelar Pengprov IKASI Bali dalam upaya meningkatkan kualitas pelatih di Bali dan daerah. Lewat pelatih yang dihasilkan nanti, kami akan berusaha membangun prestasi anggar Bali sehingga bisa menembus kancah nasional dan menjadikan Bali sebagai pemasok atlet anggar nasional yang mampu berprestasi internasional. Apalagi, anggar termasuk salah satu cabang olahraga Olimpiade," kata Ketua Pengprov IKASI Bali, Agung Susrama Putra.

"Dan, kami juga siap menjadikan olahraga anggar sebagai sport tourism dan sport industry sesuai yang dipesankan pak Amir Yanto mengingat Bali merupakan salah satu daerah pariwisata Indonesia yang sangat dikenal dunia," tambahnya.

Bukan hanya itu saja, Agung Susrama Putra juga terkesan dengan Amir Yanto yang sangat memperhatikan kepentingan atlet dengan mengimbau tidak menghalangi atlet untuk tampil di berbagai kompetisi.

"Terus terang, saya terkesan dengan pesan beliau yang meminta jangan dihalangi atlet untuk tampil di kompetisi. Ini membuktikan pak Amir Yanto itu punya komitmen dalam membangun anggar karena kompetisi itu merupakan ujung tombak pembinaan atlet dalam mencapai prestasi di kancah nasional dan internasional," ungkapnya.

GoSumbar.com Panitia dan peserta program Pe
Panitia dan peserta program Pelatihan Pelatih Anggar di Bali.

Dalam program penataran pelatih ini, Pengprov IKASI Bali bukan hanya melibatkan Raldi selaku pelatih bersertifikat nasional tetapi melibatkan Marc Vont dan Eduardo Sepulveda dari Spanyol. Keduanya tinggal di Bali.

Marc Vont pernah memperkuat Tim Anggar Spanyol di Kejuaraan Dunia. Dan, dia juga menjabat sebagai Manajer Teknik Federasi Anggar Spanyol. Sedangkan Eduardo Sepulveda adalah orang Spanyol pertama yang memenangkan piala dunia épée, Puerto Riko 2001.

"Marc Vont dan Eduarto itu membuka tempat pelatihan untuk eks patriat di Bali. Kebetulan saya bersahabat baik dengan mereka sehingga tidak terlalu susah melibatkannya," tandas Agung Susrama Putra yang berkeinginan membangun Sentra Pelatihan Anggar di Bali. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/