Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Sekjen Kemendagri: Ormas Berperan 20 Persen Majukan Daerah

Sekjen Kemendagri: Ormas Berperan 20 Persen Majukan Daerah
Sekjen Kemedagri Suhajar Diantoro dalam suatu kesempatan. (foto: ist./puspen kemendagri)
Senin, 18 Juli 2022 20:52 WIB
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro dalam suatu acara di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Senin (18/7/2022) menegaskan, pentingnnya peran Organisasi Masyarakat (Ormas) dalam pembangunan daerah.

"Jadi masyarakat ini, ormas ini, paling tidak berperan 20 persen untuk memajukan sebuah daerah tempat di mana ormas ini (berada), (jadi) ikut bertanggung jawab,” ujarnya sebagaimana dikutip GoSumbar.com dari keterangan Puspen Kemendagri.

Baca Juga: PBB Tetapkan Hari Melawan Islamofobia, LaNyalla Pertanyakan Respons Ormas Islam Indonesia 

Baca Juga: Minta PCR Digratiskan, Ormas Sayap PDIP: Jangan Berbisnis di Tengah Derita Rakyat! 

Menurut Suhajar, diantara peran yang dapat diambil oleh Ormas adalah memberikan perlindungan terhadap berbagai gangguan maupun ancaman. Ormas juga dapat memberikan masukan mengenai pembenahan yang perlu dilakukan pemerintah dalam melindungi masyarakat.

Dia mengatakan, bentuk perlindungan tersebut beragam, termasuk diantaranya memberikan identitas kependudukan kepada masyarakat. Sebab langkah itu dapat melindungi masyarakat dan memudahkan akses terhadap berbagai layanan pemerintah. Karena itu, Ormas juga perlu membantu pemerintah daerah agar memberikan identitas kependudukan secara cepat kepada masyarakat.

Baca Juga: Bantuan PPKM Tak Kunjung Turun, Ormas Kristen Riau Bagikan Paket Sembako

Baca Juga: Gandeng Ormas Islam di 17 Provinsi, Sandiaga Uno Berbagi 1.000 Hewan Kurban 

"Kalau ada dalam menjalankan fungsi melindungi ini ada hal-hal yang salah, laporkan kepada kami karena harus mengambil tindakan," ujarnya.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut turut hadir Ikatan Keluarga Besar Papua (IKBP). Acara digelar oleh Ditjen PolPum Kemendagri.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Nasional
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/