Home  /  Berita  /  Politik

Ditengah Perang, Presiden RI akan Temui Presiden Rusia dan Presiden Ukraina

Ditengah Perang, Presiden RI akan Temui Presiden Rusia dan Presiden Ukraina
Dampak serangan Rusia terhadap Ukraina di Kharkiv, Ukraina, 21 Juni 2022. (foto: ist./reuters/leah)
Rabu, 22 Juni 2022 17:55 WIB
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam konferensi pers yang dipantau virtual, Rabu (22/6/2022) mengatakan, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo akan bertolak ke Ukraina dan Rusia pada akhir Juni ini.

"Dalam kunjungan ke Kyiv dan Moskwa, presiden akan bertemu dengan Presiden (Volodymyr) Zelensky dan Presiden (Vladimir) Putin," ujar Retno Marsudi sebagaimana dikutip GoSumbar.com.

Baca Juga: Eks McD di Rusia kini Berubah Nama

Baca Juga: Buntut Foto Bugil, Dua Bule Asal Rusia Dideportasi dari Bali

Menlu Retno mengatakan, Presiden Jokowi yang juga Ketua Presidensi G20 akan mengunjungi Kyiv dan Moskwa setelah mewakili Indonesia sebagai negara tamu pada KTT G7 di Jerman pada 26 dan 27 Juni 2022.

Seperti diketahui, perang Rusia dan Ukraina masih memanas hingga kini. Lansiran Reuters hari ini menyebut, Pasukan Rusia baru saja menggempur kota terbesar kedua di Ukraina Kharkiv dan pedesaan sekitarnya dengan roket. Serangan ini menewaskan sedikitnya 15 orang dalam apa yang disebut Kyiv sebagai upaya untuk memaksanya menarik sumber daya dari medan perang utama untuk melindungi warga sipil dari serangan menyerang.

Baca Juga: Eropa Siapkan Sanksi Baru untuk Rusia

Baca Juga: Sultan DPD RI: Pentagon Cemburu dengan Diplomatik Indonesia - Rusia

Di Rusia, api melahap kilang minyak hanya 8 km (5 mil) dari perbatasan Ukraina. Kantor berita Rusia TASS mengutip seorang pejabat lokal yang mengatakan bahwa pesawat itu ditabrak oleh pesawat tak berawak.

Serangan Rusia di Kharkiv, sepanjang Selasa dan berlanjut pada Rabu pagi adalah yang terburuk selama berminggu-minggu di daerah di mana kehidupan normal telah kembali sejak Ukraina mendorong pasukan Rusia kembali dalam serangan balasan besar bulan lalu.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Politik, Internasional
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/