Home  /  Berita  /  Peristiwa

Jika Demokrat dan Nadem Ingin Gabung ke Koalisi Semut Merah, PKS dan PKB Buka Pintu Lebar-lebar

Jika Demokrat dan Nadem Ingin Gabung ke Koalisi Semut Merah, PKS dan PKB Buka Pintu Lebar-lebar
Wakil Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid dan Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsy saat menjadi Narasumber di Media Center DPR RI. (Foto: Istimewa)
Jum'at, 10 Juni 2022 16:17 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA – Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengajak Partai Demokrat dan Partai Nasdem untuk bergabung ke dalam koalisi “semut merah”. Dia menyadari kekuatan kedua partai politik tersebut sangat kuat di akar rumput.

Dia ingin kekuatan yang begitu besar dari keduanya, tidak berjalan sendirian. Mereka diajak berkolaborasi dalam memenangkan pemilu 2024. Dia ingin kekuatan Partai koalisi semut merah hasil bentukan PKB dan PKS semakin besar dan kuat masanya.

Koalisi bentukan PKB dan PKS masih kurang tujuh kursi untuk memenuhi persyaratan mengusung capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Total kursi Koalisi “semut merah” sebanyak 108 kursi dengan perincian 58 kursi PKB dan 50 kursi PKS.

Sementara syarat bagi parpol atau koalisi parpol untuk bisa mengusung capres dan cawapres atau memenuhi persyaratan presidential threshold sebesar 20 persen atau 115 kursi parlemen.

"Kita terbuka, kita siap dengan Demokrat, kita siap dengan Nasdem, kita siap dengan yang lain, enggak masalah. Artinya tinggal satu partai politik sehingga kita mengusung pasangan capres dan cawapres. Ya kita lihat semoga berjalan panjang umur dan bisa bertahan," kata Aboe Bakar di Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Lebih lanjut, Aboe Bakar Al-Habsyi menegaskan bahwa penawaran tersebut tidak hanya untuk Nasdem dan Demokrat. Dia juga mempersilakan partai politik yang sudah bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), jika bergabung dengan semut merah.

Dia yakin, apa yang selama ini dibangun dan dirawat oleh PKS dan PKB akan berhasil. Menurutnya, merawat persatuan sesama partai politik merupakan bagian dari perjuangan memfasilitasi aspirasi masyarakat. Mereka akan berjuang untuk memenangkan pemilu 2024.

“Kalau yang di Koalisi Indonesia Bersatu mau datang ke kami kami enggak menolak. Misal, ketemu lagi PAN atau Golkar, wah cocok nih barang. Jadi kami sangat terbuka dan tidak mengabaikan siapapun," ucap Sekretaris Jenderal PKS ini.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/