Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Soal Grand Desain Keolahragaan Nasional, Okto Apresiasi Terobosan Menpora Amali

Soal Grand Desain Keolahragaan Nasional, Okto Apresiasi Terobosan Menpora Amali
Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. (Dok. NOC Indonesia)
Selasa, 29 Juni 2021 19:38 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari menyampaikan apresiasi kepada Menpora Zainudin Amali Amali atas terobosannya yang telah melahirkan Grand Design Keolahragaan Nasional untuk prestasi dengan target prestasi olahraga di Olimpiade.

“Grand Design Keolahragaan Nasional saat ini kiblatnya adalah olimpiade. Jadi, sudah sangat tepat rasanya terobosan yang dilakukan pak Amali bahwa Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia memiliki kiblat olahraga yaitu olimpiade,” kata Okto, panggilan akrab Raja Sapta Oktohari dalam konferensi pers secara daring terkait Hari Olimpiade bersama Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari dan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) Erick Thohir, Selasa (29/6/2021).

Dalam acara itu, Menpora Amali memaparkan bahwa pihaknya sudah melahirkan satu desain besar olahraga nasional atau grand design olahraga nasional yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi atlet di tingkat olimpiade.

“Di dalam desain besar olahraga nasional, kita fokus utamanya itu adalah olimpiade. Kemudian SEA Games dan Asian Games itu adalah sasaran antara kita,” paparnya.

Dengan adanya desain olahraga nasional, maka target-target yang ingin dicapai terukur. Di dalam desain besar ini telah dibuatkan target prestasi olahraga di olimpiade mulai olimpiade 2021, 2024, 2028 dan 2032 Indonesia ditargetkan jadi tuan rumah. Bahkan, hingga 100 tahun Indonesia merdeka atau tahun 2045 Indonesia ditargetkan 5 besar olimpiade.

“Nah ini hasil diskusi panjang dan saya mendapatkan masukan banyak dari Pak Raja Sapta Oktohari, sebagai Ketua Umum NOC Indonesia dan akhirnya kita sepakat (membuat desain besar olahraga nasional),” jelasnya.

Meski demikian, Menpora mengingatkan bahwa hal tersebut tidak bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan dari berbagai pihak termasuk swasta dan BUMN. Oleh karena itu, Menpora Amali pada kesempatan ini menyampaikan terimakasih Menteri BUMN Erick Thohir atas supportnya terhadap cabang-cabang olahraga teruatama cabor unggulan yang ditargetkan ke olimpiade dan cabor yang sangat digemari oleh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Amali juga mengucapkan selamat Hari Olimpiade International atau International Olympic Day 2021 yang jatuh pada tanggal 23 Juni 2021 lalu. “Selamat Hari Olimpiade se-dunia 2021,” kata Amali. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/