Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Timnas U 17 Wanita Tatap Laga Perdana Melawan Filipina di Piala Asia U 17 AFC 2024
Sumatera Barat
5 jam yang lalu
Timnas U 17 Wanita Tatap Laga Perdana Melawan Filipina di Piala Asia U 17 AFC 2024
2
Tampil Trengginas, Korea Utara Bekuk Korea Selatan
Sepakbola
4 jam yang lalu
Tampil Trengginas, Korea Utara Bekuk Korea Selatan
3
Chand Kelvin dan Dea Sahirah Sudah Resmi Bertunangan
Umum
4 jam yang lalu
Chand Kelvin dan Dea Sahirah Sudah Resmi Bertunangan
4
Melanggar Lalu Lintas, Gisele Bündchen Kena Tilang Polisi
Umum
3 jam yang lalu
Melanggar Lalu Lintas, Gisele Bündchen Kena Tilang Polisi
5
Rizky Febian Siap Lepas Masa Lajang, Mahalini Syahadat Sebelum Akad
Umum
4 jam yang lalu
Rizky Febian Siap Lepas Masa Lajang, Mahalini Syahadat Sebelum Akad
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Menpora Amali Ungkap Grand Desain Olahraga Nasional Didukung BUMN

Menpora Amali Ungkap Grand Desain Olahraga Nasional Didukung BUMN
Selasa, 29 Juni 2021 19:06 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Menpora Zainudin Amal membuka adanya dukungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk Desain Besar Keolahragaan Nasional atau Grand Design Keolahragaan Nasional yang fokus utama olahraga nasional adalah meraih prestasi di Olimpiade.

Hal itu disampaikan Amali saat mengikuti Konferensi Pers Olympic Day yang digelar secara virtual bersama Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, IOC Member yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir dan awak media, Selasa (29/6/2021).

"Saya berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, karena jika tidak ada dukungan, ini tidak akan berjalan. Khususnya kepada Pak Erick Thohir selaku Menteri BUMN yang luar biasa memberikan dukungan mempersiapkan bapak angkat untuk 14 cabor unggulan olimpiade dan 3 cabor yang sangat digemari masyarakat yang sudah masuk dalam grand desain olahraga nasional," tutur Amali menambahkan.

Dalam menjalankan Grand Desain Keolahragaan Nasional itu, kata Amali, juga dibutuhkan kolaborasi yang baik seluruh stakeholder olahraga sebagai kunci suksesnya.

"Di dalam blue print olahraga nasional fokus utama olaharaga nasional adalah olimpiade. Ukuran keberhasilan kita adalah keberhasilan di olimpiade. Sedangkan, SEA Games dan Asian Games adalah sasaran antara kita sehingga jelas," kata Amali.

Di dalam desain besar olahraga nasional, kata Amali, pihaknya telah melakukan beberapa tahapan-tahapan. Dimulai dari target Olimpiade tahun 2021, tahun 2024, tahun 2028 dan target jika Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade di tahun 2032.

"Kita sudah siapkan target-target itu sampai Insya Allah jika kita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 bahkan sudah didesain hingga 100 tahun Indonesia Merdeka di tahun 2045 mendatang," urai Amali.

Menanggapi pernyataan Amali, Erick Thohir mengatakan pihaknya bersama Kemenpora sedang melakukan sinergisitas sesuai blue print Grand Design Keolahragaan Nasional dari Kemenpora.

"Kegiatan ini merupakan cara kita menghidupkan semangat gerakan olimpiade juga mengingatkan pentingnya olahraga lebih dari peran kebugaran atau kompetisi tapi juga mendorong disiplin, toleransi, persatuan, perdamaian dan pembangunan berkelanjutan," kata Erick Thohir.

"Saya harap walaupun kondisi pandemi kita harus punya dan terus mempertahankan gerakan semangat olimpiade. Menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari," harapnya.

Perayaan Olympic Day yang dirayakan tanggal 23 Juni setiap tahunnya dan Hari Olahraga Nasional (Haornas) setiap tanggal 9 September memiliki kesamaan semangat dan nilai-nilai, yakni sportivitas, kejujuran, kebersamaan, disiplin, perdamaian dan solidaritas yang harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya kira ini adalah kolaborasi yang baik antara NOC dan kementerian/lembaga lainnya khususnya Kementerian BUMN. Kita butuh prestasi, pengembangan olahraga maka satu-satunya yang mampu menjawab adalah kolaborasi dan kerjasama yang baik dari saat ini hingga 100 tahun Indonesia Merdeka. Selamat Hari Olimpiade se-dunia tahun 2021," lanjut Amali.

Sebelumnya, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menyampaikan per hari ini Indonesia dipastikan akan mengirimkan 28 wakilnya menuju Olimpiade Tokyo, Jepang 2021. "Alhamdulillah hari ini sudah kita lock bahwa 28 atlet Indonesia sudah dipastikan menuju Olimpiade Tokyo 2021. Sangat penting untuk semua pihak baik atlet, ofisial dan semua yang terlibat untuk tetap menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

"Ini adalah momentum, bahwa olimpiade harus tetap menjadi cahaya harapan di ujung kegelapan, dan kita memiliki cita-cita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Semua persiapan telah dilakukan dan belum selesai hingga tahun 2024 karena semuanya masih mungkin dapat terjadi," kata Raja Sapta. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/