Home  /  Berita  /  Internasional

WHO tak Bisa Tekan China Bocorkan Lebih Banyak Data Asal-Usul Corona

WHO tak Bisa Tekan China Bocorkan Lebih Banyak Data Asal-Usul Corona
Konferensi pers studi bersama WHO-China tentang asal-usul penyakit virus korona (Covid-19) di Beijing, China, 31 Maret 2021 lalu. (foto: dok. ist./reuters/thomas suen)
Selasa, 08 Juni 2021 16:26 WIB
JAKARTA - Seorang pejabat tinggi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO/World Health Organizaton) mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat memaksa China untuk membocorkan lebih banyak data tentang asal-usul Covid-19.

Meski begitu, WHO akan mengusulkan studi yang diperlukan untuk memahami lebih dalam mengenai dari mana virus itu muncul.

Direktur Program Kedaruratan WHO, Mike Ryan dalam lansiran reuters.com menyatakan, WHO tidak memiliki kekuatan untuk memaksa siapa pun dalam hal ini, termasuk China.

"Kami sangat mengharapkan kerjasama, masukan, dan dukungan dari semua negara anggota kami dalam upaya itu," kata Ryan sebagaimana dikutip GoNEWS.co dari Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Sejauh ini, terori yang berkembang adalah; 1) Virus itu melompat dari hewan, mungkin dimulai dengan kelelawar,l ke manusia; 2) Virus itu lolos dari laboratorium di Wuhan, China.

Anggota tim WHO yang mengunjungi China untuk mencari asal-usul Covid-19 di awal tahun ini mengatakan, mereka tidak memiliki akses ke semua data.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Kesehatan, Internasional
wwwwww