Home  /  Berita  /  Nasional

Dialog Kebangsaan Dalam Rangka Hari Lahir Pancasila

Dialog Kebangsaan Dalam Rangka Hari Lahir Pancasila
Anggota DPD RI asal Jawa Barat gelar Dialog Kebangsaan
Selasa, 01 Juni 2021 00:33 WIB
Penulis: Azhari Nasution
BANDUNG – Dengan semangat hari lahirnya Pancasila 1 Juni, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) yang berasal dari daerah pemilihan Jawa Barat, bersama Aliansi Mahasiswa Jawa Barat (Alam Jabar) serta Aji Dipa menggelar Dialog Kebangsaan. Kegiatan itu dilaksanakan di Kantor Sekretariat DPD RI Jalan Mundinglaya, Bandung, Jawa Barat, Senin (31/5/2021)

Anggota DPD RI asal Jawa Barat Eni Sumarni didaulat menjadi narasumber pada Dialog Kenegaraan yang bertema Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Mempertegas Kembali Identitas Kebangsaan sebagai Upaya Mendorong Kebangkitan Nasional ini.

Senator Eni Sumarni menjelaskan bahwa Indonesia akan kuat jika terbingkai oleh landasan Ideologi Pancasila sebagai landasan berpikir bangsa Indonesia. Kemudian, lanjut Senator Eni, UUD 1945 sebagai landasan konstitusi serta bhineka tunggal ika sebagai pemersatu perbedaan dan peredam perpecahan.

"Ideologi Pancasila, UUD 1945 serta bhineka tunggal ika dan NKRI merupakan bingkai negara yang sudah menjadi kesepakatan bangsa Indonesia sebagai bentuk negara yang utuh," ujar Senator Eni dalam paparannya.

Dialog ini dibuka Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, turut menjadi narasumber Direktur Pembudayaan Deputi Bidang Hub Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Irene Camelyn Sinaga, Tokoh Masyarakat Sunda yakni Abah Alam dan Aswin Sulaeman Utama dari Kesbangpol Kota Bandung.

Kepada media Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum memberikan dukungan dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan hari ini yang digelar oleh DPD RI, BPIP dan Alam Jabar.

"Saya mendukung dan mengapresiasi Dialog Tentang Pancasila, karena memang Pancasila sebagai dasar negara yang harus dipahami masyarakat. Tidak cukup hanya orang tua saja, tetapi kaum milenial yang jadi mayoritas di negara kita juga harus paham dan memaknai, karena pancasila adalah pemersatu di negara kita," pungkasnya. ***

Kategori:Nasional
wwwwww