Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Lala Widy Laris, Sebulan Penuh Main di Pesbukers Ramadan
Umum
24 jam yang lalu
Lala Widy Laris, Sebulan Penuh Main di Pesbukers Ramadan
2
Ricky Soebagja Minta Pemahaman Tren Positif dan Menjaga Peak Performance hingga Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
22 jam yang lalu
Ricky Soebagja Minta Pemahaman Tren Positif dan Menjaga Peak Performance hingga Olimpiade 2024 Paris
3
Musisi Rock Steve Harley Tutup Usia 73 Tahun
Umum
20 jam yang lalu
Musisi Rock Steve Harley Tutup Usia 73 Tahun
4
STY Tak Risau Sejumlah Pemain Pilar Absen di Latihan Perdana Timnas Indonesia
Olahraga
7 jam yang lalu
STY Tak Risau Sejumlah Pemain Pilar Absen di Latihan Perdana Timnas Indonesia
Home  /  Berita  /  Peristiwa

Randang Payakumbuh akan Ambil Bagian dalam "Indonesia Membumbui Dunia"

Randang Payakumbuh akan Ambil Bagian dalam Indonesia Membumbui Dunia
Sandiaga Uno saat mencoba masak rendang. (Foto Kolase GoNews)
Jum'at, 23 April 2021 01:11 WIB
PAYAKUMBUH - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengungkapkan, Rendang (Randang) dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan ikut ambil bagian dalam program Indonesia Spicy Of The World atau Indonesia Membumbui Dunia.

Sandiaga di Payakumbuh, Kamis, mengatakan program Indonesia Membumbui Dunia ini memang menjadi salah satu strategi untuk mempromosikan kuliner Indonesia di seluruh dunia.

"Salah satunya itu Rendang, karena sudah ada The City Of Randang yakni Kota Payakumbuh ya kita usulkan, kami ingin Payakumbuh terlibat dalam program kita ini," ungkap dia saat mengunjungi langsung Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh.

Menteri itu sendiri hadir ke Payakumbuh bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Anggota DPR RI Fadli Zon, Ade Rizki Pratama dan rombongan lainnya.

Melalui program ini, bumbu-bumbu dan kuliner Indonesia diharapkan dapat semakin dikenal dan diminati masyarakat luar negeri sehingga terasa multiplier effectnya pada penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat khususnya pelaku UMKM.

"Randang memang menjadi salah satu produk yang akan didorong dalam konsep Indonesia Incorporated. Kita akan promosikan Randang Sumatera Barat khususnya Payakumbuh. Kemasannya tadi saat dicek sudah ada yang keren banget," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini sudah disiapkan semua value chain (rantai nilai) karena kebutuhan tidak hanya untuk haji yang mencapai 480 ton, tapi seluruh diaspora Indonesia nanti akan diberikan insentif, seluruh restoran indonesia yang ada di luar negeri.

"Nanti akan diberikan subsidi pengiriman paket oleh Garuda. Agar Rendang produksi UMKM kita ini bisa mendunia," katanya.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Ferry S Lahe, Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira dan Kajari Payakumbuh Suwarsono

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengatakan keberadaan Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh berawal dari adanya kesulitan pelaku UMKM di Payakumbuh dalam menjual dagangan mereka.

"Karena tidak adanya standar produk saat itu, apalagi banyak sertifikat yang harus dipersiapkan mulai dari label halal, BPOM, ijin edar, hingga ISO. Bersyukurnya kami, Kementerian Perindustrian menyambut pemikiran ini dan akhirnya dapur bersama-sama ini bisa dibuat," ujarnya.

Pada awalnya terdapat 22 UMKM Randang se Payakumbuh yang difasilitasi, dan berangsur hingga saat ini juga anggotanya sebagian kecil juga berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota.

Kehadiran Sentra IKM Rendang berdampak besar kepada standar produk UMKM Rendang Payakumbuh mulai dari pengolahan, packaging, dan pemasaran. Sebab semua diajarkan di sentra ini agar bisa diterima di pasar nasional dan internasional.

"Bila saja tak ada Pandemi Covid-19 ini, jemaah haji sudah mengorder 480 ton rendang, tapi akhirnya kita pending sampai saat ini. Sementara dengan peralatan yang sudah berstandar Nasional di Sentra IKM Rendang kita bisa memproduksi banyak," katanya.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:Antara Sumbar
Kategori:Pemerintahan, Ekonomi, Peristiwa
wwwwww