Home  /  Berita  /  Umum

9 Oleh-oleh Khas Bali yang Wajib Dibeli

9 Oleh-oleh Khas Bali yang Wajib Dibeli
Kamis, 15 April 2021 19:15 WIB

BALI memang merupakan destinasi tempat wisata favorit bagi siapa pun. Jangankan yang belum pernah ke sana, yang sudah berkali-kali saja, Bali tetaplah menjadi tujuan wisata yang paling banyak disukai.

Berkunjung ke Bali rasanya tak afdol jika tak membeli oleh-oleh khas Bali. Baik itu untuk diri sendiri, keluarga, atau pun kerabat dan juga sahabat. Dari oleh-oleh yang berupa makanan, minuman, bahkan hingga ke pakaian.

Berikut ini oleh-oleh khas Bali yang wajib diburu saat berwisata ke sana. Akan sangat disayangkan jika ke Bali tak membawa pulang oleh-oleh ini.

1. Pia Kukus

Ini adalah oleh-oleh pertama yang harus dicicip serta dibawa pulang saat traveling ke Bali. Ya, Pia kukus. Kue yang viral di akhir tahun 2019 ini unik karena berukuran besar dengan isi yang relatif banyak. Akan tetapi harganya cukup terjangkau.

Awalnya, kue ini hanya ada di toko Pia Kukus Made Bali. Akan tetapi sekarang, outlet resminya sudah banyak, termasuk di Krisna yang merupakan pusat oleh-oleh di Bali.

2. Pie Susu

Kue yang satu ini lebh dulu dikenal sebagai oleh-oleh khas Bali daripada pia kukus. Kue ini tersedia dalam berbagai rasa, berbagai merk, dan berbagai harga. Saat ke Bali, jangan lupa beli pie susu ini ya. Adanya tentu saja di toko-toko oleh-oleh khas Bali.

3. Cokelat

Penyuka cokelat pasti tak akan melewatkan untuk membeli oleh-oleh berupa cokelat di Bali. Ya memang, seiring dengan naik daunnya produksi cokelat lokal, di Bali juga kini banyak muncul cokelat khas Bali. Misalnya saja adalah Heavenly Chocolate Bali. Cokelat asli Bali yang memiliki beraneka ragam rasa dan juga kategori. Ada yang beralkohol dan tidak beralkohol. Kemudian ada juga Pod Chocolate. Sayang sekali deh jika ke Bali tidak mencicipi cokelat-cokelat lokal Bali yang rasanya tak kalah lezat dari brand cokelat luar.

4. Kacang Disco

Yang suka ngemil pasti tak akan melewatkan Kacang disco. Camilan yang satu ini mudah ditemui di Bali. Kenapa disebut kacang disco mungkin karena rasa dari kacang ini yang tidak biasa dan membuat kita bergoyang-goyang keenakan seperti berdisko. Rasa pedas, keju, hingga campuran pedas manis merupakan varian yang bisa dipilih saat membeli kacang disko ini. Rasa lain yang lebih unik dari itu pun ada. Yaitu rasa soto ayam, udang, rumput laut, dan juga ayam taliwang. Harganya yang relatif terjangkau membuat kacang disko menjadi salah satu favorit dari oleh-oleh Bali yang banyak dibeli.

5. Pia Legong

Mau beli oleh-oleh yang eksklusif? Beli saja Pia Legong. Ya, menurut banyak kalangan, oleh-oleh yang satu ini terbilang eksklusif. Karena Pia Legong hanya bisa dibeli toko Pia Legong, Ruko Kuta Megah No. 15, Jalan Bypass Ngurah Rai. Yang membuatnya eksklusif juga adalah karan proses pembuatan Pia Legong yang masih secara tradisional, tanpa bantuan mesin. Namun pun demikian, rasanya sangat lezat. Rasa keju, cokelat, dan kacang hijau merupakan rasa yang bisa dipilih saat kita membeli Pia Legong.

6. Kopi Kintamani

Ya, sesuai namanya, kopi ini memang berasal dari Kintamani. Selain alamnya yang indah, Kintamani juga memiliki biji kopi yang bercita rasa unik. Yang pernah mencicip pasti tahu bedanya. Dan konon dari kopi Kintamani tercium aroma jeruk. Hal ini juga konon demikian karena proses penanaman kopinya yang menggunakan sistem tumpang sari. Pohon kopi sering kali tumbuh bersama dengan tanaman lain, misalnya saja jeruk dan cokelat. Selain dibeli di tempat, kopi ini juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

7. Kebaya Bali

Selain makanan dan minuman, pakaian Bali juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Salah satunya adalah kebaya khas Bali. Itu lho, pakaian yang biasa dipakai perempuan Bali saat bersembahyang. Toko-toko yang menjual kebaya Bali lumayan banyak. Harganya pun bervariasi.

8. Udeng Udeng

Udeng-udeng adalah ikat kepala yang sering digunakan oleh pria di Bali. Sama halnya seperti kebaya Bali, udeng-udeng juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Aneka motif dan warna serta harga bisa dipilih sesuai keinginan kita.

9. Tas Rotan

Ini yang beberapa waktu lalu hits. Tas rotan Bali. Sebab di sana banyak sekali pengrajin rotan. Aneka bentuk, motif, dan warna tersedia di sana. Harganya pun macam-macam. Karena terkenalnya, banyak orang yang menjadi reseller tas rotan ini. Mereka menjualnya di tempat lain atau bahkan secara online.

Itu dia 9 oleh-oleh khas Bali yang bisa jadi pilihan untuk dibeli dan dibawa pulang ketika liburan di Bali. Kesemuanya terkenal sebagai oleh-oleh khas Bali. Jangan sampai lupa untuk dibeli, ya.

Punya rencana ke Bali? Coba Tiket Jakarta Bali. Ada banyak pilihan penerbangan yang bisa dipakai. Dengan berbagai macam harga menarik tentunya.

Tak perlu khawatir dengan transportasi dari Bandara Ngurah Rai hingga tujuan dan sebaliknya. Pesan saja Airport transfer Bali. Lebih mudah, praktis, dan juga nyaman.

Dan jangan lupa, taat protokol kesehatan 5M ya. Supaya badan selalu sehat, liburan di Bali pun tetap menyenangkan.

Kategori:Umum
wwwwww