Home  /  Berita  /  Umum

Sambut Ramadan, Forum Pekanbaru Bertuah Gelar Festival Rebana

Sambut Ramadan, Forum Pekanbaru Bertuah Gelar Festival Rebana
Pembukaan Fetival Rebana, Forum Pekanbaru Kota Bertuah. (Foto: Istimewa)
Minggu, 28 Maret 2021 15:01 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PEKANBARU - Ramadhan adalah bulan mulia penuh berkah yang selalu disambut dengan gembira seluruh umat Islam. Tak terkecuali di Pekanbaru, Riau.

Dalam rengka menyambut bulan puasa tahun ini, Forum Pekanbaru Kota Bertuah (FKKB) menggelar sejumlah acara bernuansa rohani seperti festival rebana dan tahfiz.

Dipilihnya festival rebana, menurut Ketua Forum Pekanbaru Kota Bertuah, Masril, selain untuk menyambut bulan puasa, pihaknya juga ingin mengingatkan kepada generasi muda dan masyarakat akan seni tradisional yang sudah mulai dilupakan. "Tujuan kita tentu ingin melestarikan kebudayaan berupa seni rebana ini," ujar Masril kepada GoNews.co, Minggu (28/3/2021).

Festival Rebana tersebut kata Masril, juga disambut antusias oleh masyarakat. Bahkan acara ini juga didukung sejumlah tokoh di Riau. "Alhamdulillah, Fetival Rebana ini bisa kita laksanakan dan secara resmi sudah dibuka langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho di halaman Hotel Toptel," urainya.

"Ini merupakan salah satu kesenian Islam, kita berharap agar masyarakat bisa menghidupkan kembali kegiatan rebana yang merupakan salah satu tradisi," ajak Masril.

Selain itu, Masril berharap kesenian rebana ada regenerasi penerusnya. "Mudah-mudahan nanti ada regenerasinya secara berkelanjutan. Dan setelah ini (lomba rebana se-Kota Pekanbaru) juga akan ada lomba rebana se-Provinsi Riau," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho mengaku merasa bangga, karena diminta untuk membuka acara perlombaan rebana ini.

"Kami atas nama DPRD Provinsi Riau, mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Forum Pekanbaru Kota Bertuah yang telah menyelenggarakan kegiatan lomba rebana ini," sebutnya.

Rebana kata politisi Demokrat itu, merupakan bagian dari kultur atau budaya yang diikuti dengan nilai-nilai agama. Tapi sayangnya, rebana sudah mulai hilang. Ia berharap nilai-nilai agama dan kultur budaya ini bisa dijaga sampai ke anak cucu.

"Tentu kami juga berharap, rebana  tidak hanya diikuti oleh ibu-ibu saja, tapi juga diikuti oleh pemuda pemudi Riau. Agar nilai-nilai budaya tetap terjaga," tuturnya.

Sekedar mengingatkan, Forum Pekanbaru Kota Bertuah adalah wadah komunikasi bagi masyarakat Pekanbaru di Facebook. Forum ini sudah dikenal dengan kegiatan membantu masyarakat baik sebelum dan sesudah pandemi.

Forum ini juga dikenal sangat peduli dengan masyarakat kurang mampu, membantu warga yang terkena musibah maupun mengalami sakit dan tidak memiliki biaya berobat ke Rumah Sakit.***

wwwwww