Home  /  Berita  /  GoNews Group

Zudan Perintahkan Disdukcapil Jateng Segera Ganti Dokumen Kependudukan Korban Banjir

Zudan Perintahkan Disdukcapil Jateng Segera Ganti Dokumen Kependudukan Korban Banjir
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah (kanan) saat mendampingi Mendagri, Muhammad Tito (kedua kanan) dalam giat peninjauan langsung layanan adminduk di salah satu posko bencana. (foto: ist./dukcapil kemendagri)
Senin, 15 Februari 2021 20:50 WIB
JAKARTA - Dirjen (Direktur Jenderal) Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), Zudan Arif Fakrulloh, memerintahkan jajarannya di Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Provinsi Jateng (Jawa Tengah) untuk segera mengganti dokumen kependudukan bagi korban banjir di sana.

"Terkait adanya banjir di Jateng, saya instruksikan Disdukcapil Provinsi Jateng dengan Disdukcapil kabupaten/kota setempat untuk segera membuka pelayanan penggantian dokumen kependudukan yang rusak atau hilang akibat banjir," titah Zudan dalam Rapat Evaluasi Pelayanan Bulan Januari 2021 dengan seluruh Kepala Dinas Dukcpail Provinsi dan Kabupaten/Kota, Senin (15/02/2021).

Zudan juga meminta agar pelayanan penggantian dokumen kependudukan tersebut dilaksanakan dengan cepat, tanggap, dan tuntas.

Awal tahun ini, kata Zudan, "Dukcapil sudah punya pengalaman pelayanan bagi korban gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan,".

"Tim di dua tempat tersebut alhamdulillah bekerja sangat baik. Saya berharap pelayanan di Jateng juga akan sama baiknya," kata Zudan.

Untuk itu, Zudan mengaku siap memberikan bantuan berupa alat maupun bantuan sumber daya manusia bila memang Disdukcapil di Jateng membutuhkan.

"Kami dari pusat siap membantu misi kemanusian rekan-rekan di Jateng," tegasnya.

Sebagai tambahan informasi, sampai saat ini setidaknya terdapat enam kabupaten/kota yang mengalami musibah banjir di Jateng akibat hujan deras. Kabupaten/kota tersebut antara lain adalah Kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Demak, Kota Pekalongan, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Kebumen.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Nasional, GoNews Group
wwwwww