Home  /  Berita  /  GoNews Group
Pelantikan Pengprov PBFI Sumut periode 2020-2024

Tumpal Hutauruk: Potensi Atlet Binaraga Indonesia Cukup Besar

Tumpal Hutauruk: Potensi Atlet Binaraga Indonesia Cukup Besar
Robet Tumpal Hutauruk.
Minggu, 08 November 2020 14:06 WIB
Penulis: Azhari Nasution

MEDAN - Tak banyak yang mengenal Robet Tumpal Hutauruk saat hadir pada acara pelantikan Pengprov PBFI Sumut di Milllenium ITC Medan, Minggu (8/11/2020). Pria tua yang mengenakan baju batik ini ternyata tokoh pendiri binaraga Indonesia saat diperkenalkan Ketua Umum PP PBFI, Irwan Alwi pada acara yang digelar bersamaan Medan Body Fitness Competition 2020 .

"Saya sengat senang dan bangga bisa diundang pada acara pelantikan Pengprov PBFI Sumut. Memang benar, saya yang pertama kali memperkenalkan binaraga Indonesia ke luar negeri. Saat itu, saya ditunjuk sebagai utusan dari Indonesia yang diundang Presiden Binaraga Dunia, Benweeder ke Singapura dan ditunjuk sebagai Ketua Binaraga Indonesia yang pertama," kata Robet Tumpal yang mengakui lupa tahunnya di sela-sela acara pelantikan.

"Saya sempat memegang jabatan itu beberapa tahun sebelum saya serahkan kepada pak Hamangkubuwono. Mungkin karena sudah terlalu tua jadi saya tidak ingat tanggal dan tahun berapa jabatan itu saya serahkan," tambahnya.

Tubuh pria kelahiran Kabanjahe, Sumut, 4 Juni 1943 ini tampak masih segar. Begitu juga dengan otot-ototnya pun masih terlihat jelas meski sudah memasuki usia 77 tahun. Tumpal pernah menjadi juara binaraga di Medan dan tampil pada pertandingan eksbisi binaraga PON Surabaya 1969.

Menurut Tumpal, potensi atlet Indonesia cukup besar untuk meraih prestasi di ajang internasional. Begitu juga dengan atlet-atlet Sumut. Hanya saja, katanya, PP PBFI dan Pengprov PBFI se-Indonesia harus turun memberikan pengarahan kepada gym-gym dalam menjalankan program latihan yang baik dan benar.

"Asal ada kejuaraan di daerah dia turun ke daerah. Mereka harus memberikan pengarahan tentang sistem pembinaan dan pola latihan yang baik. Kalau ini bisa dijalankan peluang atlet Indonesia menembus prestasi internasional bisa terwujud," katanya.

Ketua Umum PP PBFI, Irwan Alwi memang sengaja memperkenalkan Tumpal Hutauruk pada acara pelantikan tersebut. Selain mengingatkan sejarah bahwa ada putra batak yang menjadi pendiri binaraga juga sebagai pemicu agar Pengprov PBFI Sumut terpicu mencetak atlet binaraga Sumut yang mampu menembus prestasi di tingkat nasional dan bisa masuk dalam jajaran Tim Nasional Binaraga. ***

wwwwww