Home  /  Berita  /  GoNews Group

Konfrensi Indo-Pasifik Digelar Secara Virtual

Konfrensi Indo-Pasifik Digelar Secara Virtual
Sabtu, 24 Oktober 2020 23:09 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Indonesia menyelengarakan Konfrensi dengan tema Indo-Pasifik secara virtual pada 4-5 Desember 2020. Konfrensi yang menyikapi isu geopolitik saat ini, dengan judul lengkap “Indo-Pacific: Outlooks, Opportunities, and Challenges” ini merupakan inisiatif dari Program Studi Magister Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Pelita Harapan dalam rangka UPH-IR Conference yang pertama.

Dalam rangkaian acara tersebut diadakan Call For Abstract (Panggilan Abstrak) yang akan menjadi bahan presentasi yang akan di terima panitia sampai dengan tanggal 10 November 2020, Sesi Utama yang menghadirkan para dubes dan akademisi negara-negara Indo-Pasifik serta sesi tematik dengan presentasi papaer dari peserta yang akan diselengarakan pada 4-5 December 2020. Informasi lengkap bisa di unduh melalui https://tinyurl.com/UPHIRconference2020

“Konferensi ini berupaya untuk menganalisis berbagai pandangan Indo-Pasifik dan menyelidiki peluang dan tantangan di kawasan Indo-Pasifik. Konferensi ini juga berupaya untuk memperdalam pemahaman kawasan Indo Pasifik dari perspektif lintas disiplin ilmu termasuk namun tidak terbatas pada politik dan keamanan, ekonomi dan perdagangan internasional, serta dimensi sosial budaya” ujar Abhiram S. Yadav, Ketua Panitia Penyelengara.

Menurut Ketua Panitia Penyelangara, Konferensi ini akan memperdalam pemahaman tentang kawasan Indo-Pasifik, menawarkan analisis, dan kemungkinan solusi untuk tantangan global di kawasan ini. Para peserta yang mengikuti di antara lain Duta Besar, Diplomat, Pejabat Pemerintah, Sarjana, Peneliti, Pendidik, Mahasiswa, dan Pemantau dari dalam dan luar negeri.

“Konferensi ini akan berkontribusi pada pengambilan keputusan para pembuat kebijakan, dalam pembangunan kawasan Indo-Pasifik yang inklusif. Penyelengaraan ini sangat penting dan tepat waktu mengingat Indonesia sebagai salah satu penggagas utama konsep Indo-Pasifik saat ini” tutup Abhiram. ***

wwwwww