Home  /  Berita  /  Kesehatan

Doni Monardo Imbau Masyarakat Terapkan Juga Protokol Kesehatan dalam Rumah

Doni Monardo Imbau Masyarakat Terapkan Juga Protokol Kesehatan dalam Rumah
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo saat mengikuti webinar Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. (suara.com)
Sabtu, 03 Oktober 2020 13:39 WIB

PEKANBARU - Masyarakat diimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat berada di rumah.

Imbauan itu disampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. Menurut Doni, hal itu perlu dilakukan untuk mencegah klaster penularan dari dalam rumah.

''Patuhi protokol kesehatan tidak hanya di luar rumah tapi di dalam rumah juga. Karena orang yang tidak keluar rumah masih bisa tertular dari orang terdekat yang keluar untuk bekerja. Mereka mungkin tidak sadar sudah menjadi carrier,'' kata Doni dalam webinar Sosialisasi Strategi Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19, Jumat (2/10/2020), seperti dikutip dari Suara.com.

Dituturkan Doni, survei yang dilakukan di rumah sakit rujukan Wisma Atlet menunjukan bahwa 7 persen pasien yang dirawat, termasuk kelompok yang tidak pernah keluar rumah.

Ads

''Jadi di keluarga tidak serta merta jadi aman. Karena 7 persen hasil survei medis di Wisma Atlet, pasien yang dirawat ternyata tidak pernah aktivitas di luar rumah,'' ucapnya.

Doni kembali menegaskan pentingnya mematuhi protokol kesehatan berupa 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Masyarakat hanya diminta untuk disiplin melakukan hal tersebut untuk berkontribusi menurunkan infeksi virus corona.

Tindakan itu, kata Doni, tentu lebih mudah dilakukan daripada kewajiban para tenaga medis yang bertugas di rumah sakit.

''Kita hanya diminta disiplin protokol. Tidak sebanding dengan perjuangan para dokter dan tenaga medis lain yang merawat pasien di rumah sakit. Permintaan oleh pakar epidemiologis, pemerintah, agar patuh, itu tidak sebanding dengan perjuangan dokter dan tim medis lainnya. Mereka telah berjuang banyak. Bahkan tidak sedikit yang gugur dalam tugas merawat pasien,'' sambung Doni.***

Editor:hasan b
Sumber:suara.com
Kategori:Nasional, Kesehatan
wwwwww