Home  /  Berita  /  Solok Selatan

Tes Usap Kedua Bakal Calon Bupati Khairunas Negatif COVID-19

Tes Usap Kedua Bakal Calon Bupati Khairunas Negatif COVID-19
Bakal calon wakil Bupati Yulian Efi (dua kanan) didampingi ketua DPD Golkar Solok Selatan Zigo Rolanda (kanan) ketua DPD Demokrat Dede Pasarela (tiga kanan) ketua PPP Afrizal Dt Rajo Jalil (empat kanan), Sabtu (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)
Senin, 07 September 2020 00:54 WIB
PADANG ARO - Tes usap kedua bakal calon Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Khairunas yang dikeluarkan oleh laboratorium pusat diagnostik dan riset penyakit infeksi Universitas Andalas hasilnya negatif COVID-19.

"Hasil tes usap kedua yang kami lakukan kembali pada hari Jumat 4/9 malam hasilnya keluar minggu 6/9 pada pukul 13.00 Wib dengan hasil menyatakan negatif COVID-19", kata Khairunas melalui Ketua DPD Golkar Solok Selatan Zigo Rolanda, di Padang Aro, Minggu.

Dia menjelaskan, mulanya Khairunas melakukan tes usap bersama dengan bakal calon wakil Bupati Yulian Efi pada hari Kamis 3/9 di Bandara Internasional Minangkabau sebagai persyaratan pendaftaran pencalonan kepala daerah ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Namun katanya, hasil tes usap pertama pada Kamis 3/9 yang sedikit terlambat keluar, sedangkan jadwal pendaftaran pasangan calon dilakukan Sabtu 5/9 semakin dekat maka ia berinisiatif untuk melakukan tes usap kembali pada hari Jumat.

Dia mengatakan, tes usap pertama hasilnya keluar Sabtu 5/9 pagi, menyatakan bahwa Khairunas positif COVID-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG).

Meskipun sudah mendapatkan hasil negatif COVID-19 katanya, ia harus patuh mengikuti prosedur kesehatan dari tim medisdan masih harus melakukan isolasi mandiri dan melakukan tes usap lanjutan untuk memastikan betul-betul negatif COVID-19.

Setelah prosedur kesehatan ini dilalui katanya, ia dapat melanjutkan kembali perjuangan dan pengabdian untuk kabupaten Solok Selatan yang maju dan sejahtera.

Ia mengimbau, seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Solok Selatan untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan selama masa pandemi COVID-19.

"Masyarakat Solok Selatan agar tetap menjaga kesehatan, selalu perhatikan protokol kesehatan" ujarnya.

Sebelumnya bakal calon Bupati Khairunas dinyatakan positif COVID-19 dan tidak bisa hadir saat melakukam pendaftaran ke KPU.

Untuk pendaftaran ke KPU hanya dihadiri oleh bakal calon Wakil Bupatinya yaitu Yulian Efi didampingi oleh ketua dan sekretaris partai pengusung.

Pasangan Khairunas-Yulian Efi di usung oleh tiga partai politik yaitu Golkar, Demomrat dan PPP dengan perolehan enam kursi di DPRD.

Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita mengatakan, hingga hari terakhir pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati ada tiga pasang yang mendaftar.

Ketiga pasang bak calon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftat yaitu Khairunas-Yulian Efi yang di usung oleh Golkar, Demokrat dan PPP.

Selanjutnya Erwin Ali-Marwan Efendi yang di usung oleh PAN, PKB, PBB dan Berkarya.

Terakhir yang mendaftar pasangan Abdul Rahman-Rosman Efendi yang di usung tiga partai yaitu Gerindra, PKS dan Nasdem. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Kesehatan, Sumatera Barat, Solok Selatan

wwwwww