Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sah! Mantan Ketua DPR RI Dilantik jadi Ketua MPR RI

Sah! Mantan Ketua DPR RI Dilantik jadi Ketua MPR RI
Bambang Soesatyo terpilih sebagai Ketua MPR RI. (CH untuk GoNews.co)
Kamis, 03 Oktober 2019 22:04 WIB
Penulis: Muhammad Dzulfiqar
JAKARTA - Mantan Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo alias Bamseot dipilih secara musyawarah mufakat menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2019-2024 dalam Sidang Paripurna MPR RI, Kamis (3/10/2019) malam di Gedung Kura-Kura, Jakarta.

Dengan demikian, Dr. Ahmad Basarah MH (dari Fraksi PDI Perjuangan), H. Ahmad Muzani (Fraksi Partai Gerindra), Lestari Moerdijat (Fraksi Partai Nasdem), H. Jazilul Fawaid (Fraksi PKB), Dr. H. Syarif Hasan, SE (Fraksi Partai Demokrat), Dr. Hidayat Nur Wahid, MA (Fraksi PKS), Dr (HC) Zulkifli Hasan SE, MM (Fraksi PAN), H. Arsul Sani, SH, MSi (Fraksi PPP), dan Ir Fadel Muhammad (Kelompok DPD), menjawabat sebagai Wakil Ketua MPR RI, mendampingi Bamsoet.

Sesuai dengan ketentuan pasal 2 peraturan MPR nomor 1 tahun 2019 tentang MPR, para pemangku jabatan pimpinan MPR mesti bersumpah atau berjanji dengan dipandu oleh ketua Mahkamah Agung dalam sidang paripurna.

Bamsoet, dan kesembilan wakilnya, dipandu sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) RI, Hatta Ali, sekira pukul 21.30 WIB.

"Bahwa yang akan saudara-saudara ucapkan merupakan tekad untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah," kata Hatta Ali pada kesepuluh Pimpinan MPR RI.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan memengakkan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta peraturan perundang-undangan. Bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi serta berbakti kepada Bangsa dan negara. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia," bunyi sumpah Pimpinan MPR yanh dipandu Hatta Ali.

Prosesi dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara sumpah Pimpinan MPR RI, hingga selesai.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/