Home >  Berita >  Peristiwa

Riau Mencari Duta Promosi Pariwisata 2019

Riau Mencari Duta Promosi Pariwisata 2019
Rabu, 07 Agustus 2019 16:57 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PEKANBARU - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau menggelar audisi Bujang Dara (Budar) Riau 2019.

Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 3 hingga 9 Agustus 2019. Diikuti 50 pasang finalis, terdiri dari 12 pasang finalis dari jalur Kabupaten/Kota dan 12 pasang finalis melalui jalur umum.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Fahmi Usman mengatakan, audisi Bujang Dara Riau ini merupakan ivent yang digelar setiap tahun. Bertujuan untuk mencari duta pariwisata yang bertugas membantu mempromosikan pariwisata daerah.

Sama seperti tahun sebelumnya jumlah finalis Budar Riau 2019 sebanyak 50 finalis. Tahun 2019 ini, 12 pasang peserta merupakan hasil dari audisi pemilihan Bujang Dara di tingkat Kabupaten/Kota dan 13 pasang peserta lagi melalui jalur audisi umum," kata Kadispar Riau, Fahmi Usman, di Pekanbaru, Rabu (7/8/2019).

"Saat ini seluruh finalis sedang mengikuti pembinaan selama di 9 hari, dengan menghadirkan narasumber berkompeten. Kami dari Dispar Riau juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat Riau agar kegiatan ini berjalan sukses dan dapat melahirkan duta pariwisata Riau 2019 yang handal," ujarnya.

Pada ajang mencari duta pariwisata ini, Dispar Riau memberikan berbagai materi kegiatan pembinaan kepada para finalis yaitu, materi Kepariwisataan dari Staff Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Don Kardono, materi Muatan Lokal Budaya Melayu Riau oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau, Al Azhar dan pembentukan disipilin oleh instruktur dari SPN (Sekolah Polisi Negara).

Kemudian ada juga tausiah dengan ustaz Syamsurizal, pembekalan kiat-kiat promosi pariwisata oleh Sekjen DPP Himpunan Pariwisata Indonesia, materi etika kepribadian oleh psikolog Yanwar Arief dan Public Speaker menghadirkan narasumber Dr Rizaldi, materi UKM dan Kuliner, Modeling, kelas berbahasa Inggris, kelas kecantikan dan tahap wawancara.

Selain itu, 50 Finalis Budar juga melakukan kunjungan ke Lembaga Adat Melayu Riau, Dewan Kerajinan Daerah Riau, RSUD Arifin Achmad, RS Awal Bross, Panti Jompo dan destinasi wisata di Kabupaten Siak.

Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Datuk Syahril Abu Bakar, menilai kegiatan ini merupakan kegiatan yang postif, apalagi kegiatan ini diikuti oleh anak-anak muda generasi milineal yang berprestasi yang masing-masing bisa mengaktualisasikan dirinya dan juga bisa sekaligus mendalami adat budaya dan meteri-materi lainya yang diberikan oleh pihak Dispar.

"Riau memiliki berbagai ivent internasional, seperti Bakar Tongkang, Festival Candi Muara Takus, Pacu Jalur dan kegiatan-kegiatan lainya yang perlu di promosikan. Semoga para duta pariwisata Riau 2019 ini dapat memberikan dapat memberikan informasi pariwisata  kepada publik," katanya, seusai memberikan pembekalan kepada 50 finalis Budar, Rabu (7/8) di Pekanbaru.

Malam puncak grand final Bujang Dara Riau akan digelar pada tanggal 9 Agustus 2019 pukul 20.00 WIB di Hotel Pangeran Pekanbaru, Menaja tema 'Bumi Sungai Jantan' menghadirkan artis ibukota Naga (Lyla Band), Mickey AFI, dan Tasya.***

Kategori : Peristiwa, Pemerintahan

Loading...
www www