Semua Bisa Jualan Online

Kemkominfo Ajak UMKM untuk Go Global dalam Forum Sosialisasi Menembus Era Pasar Digital

Kemkominfo Ajak UMKM untuk Go Global dalam Forum Sosialisasi Menembus Era Pasar Digital
Kemkominfo Ajak UMKM untuk Go Global dalam Forum Sosialisasi Menembus Era Pasar Digital, di Auditorium Pustaka Bung Hatta, Bukittinggi, Kamis 18 Juli 2019.
Kamis, 18 Juli 2019 13:39 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Saat ini, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia. Jumlah penduduk yang besar dan penetrasi pengguna internet yang mencapai lebih dari 171,17juta, merupakan faktor yang mendorong Indonesia menjadi pasar bagi transaksi online terbesar di Asia.

Pemerintah Indonesia telah menyusun Peta Jalan E-Commerce Nasional, hasil kolaborasi lebih dari 8 kementerian dan lembaga pemerintah lainnya, yang jika terimplementasikan tepat waktu maka terproyeksikan nilai transaksi E-Commerce sebesar US$ 130 Milyar pada tahun 2020.

Target tersebut sangat mungkin untuk dapat terwujud, tentunya dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada. Salah satu potensi datang dari sektro Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41%, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Menurut data Kemkominfo 2018 sebanyak 9,61 juta unit umkm sudah memanfaatkan platform online.

Dari segi infrastruktur Kemkominfo meningkatkan akses internet ke seluruh Indonesia, dari yang di daerah tadinya hanya bisa SMS saja sekarang bisa menggunakan layanan internet. Proyek Palapa Ring sudah sampai ke Indonesia bagian Timur.

Mengingat pentingnya edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pemanfaatan E-Commerce serta meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM Indonesia yang akan menyasar para pelaku di seluruh Indonesia, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim akan mengadakan kegiatan Forum Sosialisasi Menembus Era Pasar Digital: Semua Bisa Jualan Online sekaligus Launching Buku "Semua Bisa Jualan Online". Forum sosialisasi merupakan wadah sosialisasi di mana masyarakat sebagai peserta forum dapat berinteraksi langsung dengan para narasumber terkait tema yang diangkat.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI, Septriana Tangkary S.E, MM, mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendidik dan mendorong masyarakat untuk memaksimalkan marketplace dalam transaksi dagang (E-Commerce) serta pengembangan industri melalui jualan online dengan skala global.Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 18 Juli 2019 di Auditorium Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Direktur IKPM Kementerian Kominfo RI, Septriana Tangkary S.E, MM, Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, Komunitas Kebaya, Kopi, dan Buku, Tatty Aprilyana, Pelaku Usaha Industri Garam, Henny Lukman serta dari Bukalapak Padang, Ronaldo Tan dengan moderatorSatto Raji, Co-Founder Bloggercrony. Turut hadir Sekretaris Diskominfo Bukittinggi, Elohansen Panjaitan.

Dalam sambutannya, Septriana mengatakan e-commerce Indonesia menyumbang 1 dolar AS dari tiap 2 dolar AS yang dibelanjakan di Asia Tenggara. Artinya, e-commerce Indonesia telah menyumbang 50 persen transaksi belanja online di kawasan tersebut. Nilai ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. UMKM dapat memanfaatkan marketplace agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan perkembangan digital yang sangat pesat sudah saatnya Indonesia tidak hanya menjadi target pasar.

Dengan semakin banyaknya UKM yang terlibat dalam ekonomi digital melalui pita lebar, bisnis elektronik, media sosial, teknologi awan, dan platform telepon seluler atau ponsel, UKM dapat bertumbuh lebih cepat dari segi pendapatan dan penyediaan lapangan kerja, serta menjadi lebih inovatif dan lebih kompetitif menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Sementara itu, Ronaldo Tan, dari Bukalapak Padang pada forum sosialisasi ini memaparkan tips dan trik agar produk umkm lebih berkualitas sehingga bisa meningkatkan nilai jual produk di markerplace, sebutnya.

Jelang hari kemerdekaan utk meningkatkan kesejahteraan dan menggerakkan perekonomian rakyat kementerian kominfo melaunching Buku "semua bisa jualan online" di Perpustakaan Bung Hatta, Bukittinggi sebagai penghormatan terhadap proklamator Indonesia.(**)


GoSumbar.com LAPAK AGAM Ala Disduk Capil Segera Layani Pengurusan Rekam E - KTP bagi Warga Agam Bagian Timur
GoSumbar.com Ditinggal Pergi, Rumah Warga di Gaduik Agam Ini Ludes Dilalap Api
GoSumbar.com WNA Asal Uganda Ini Dipulangkan ke Negaranya, Setelah 4 Bulan Dikarantina di Imigrasi Agam
GoSumbar.com Pemkab Pasaman Terapkan Open System BPJS Kesehatan untuk Warganya
GoSumbar.com Selama Belasan Hari, Puluhan Pengedar dan Pemakai Narkotika Diamankan Sat Res Narkoba Polres Bukittinggi
GoSumbar.com Tingkatkan Pelayanan Medis, Pasien Cuci Darah akan Dilayani di RSUD Lubuk Sikaping
GoSumbar.com Gerak Cepat, Polisi Ringkus Pelaku Curas yang Resahkan Warga di Kota Bukittinggi dan Agam
GoSumbar.com Waspada! Siang Bolong, Ibu dan Anak Ini Dijambret di Kawasan By Pass Bukittinggi
GoSumbar.com Selama Dua Hari, KPU Bukittinggi Gelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019
GoSumbar.com Hari Ini, Danrem 032/Wirabraja Tinjau Pekerjaan TMMD di Sungai Puar Palembayan
GoSumbar.com Gandeng Kelurahan dan Nagari, Kodim 0304 Agam Gelar Rakor dan Sosialisasi Pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar)
GoSumbar.com Permudah Layanan Publik, Sat Reskrim Polres Bukittinggi Luncurkan Layanan sikoperbukit.com
GoSumbar.com Nevi Zuairina IP: Peran LKS POSDAYA sangat Vital dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan
GoSumbar.com Puluhan Pelajar di Pasaman Ini Disiapkan Menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas
GoSumbar.com Penyuluh Agama Islam dari Rao Utara Pasaman Ini Masuk Nominasi Penyuluh Terbaik di Sumbar
GoSumbar.com Meriahkan Alek Nagari, Warga Ambacang Anggang Pasaman Ini akan Panen Ikan Larangan di Batang Sumpu
GoSumbar.com 43 Kilo Ganja dari Sumut Ini Ditangkap di Pasaman
GoSumbar.com Kapolres Pasaman Bacakan Amanat Presiden RI dalam Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke 73 di Bonjol
wwwwww