Loading...    
           

Wali Kota Dumai Luncurkan Agenda Wisata Festival Rakyat Pesisir 2019

Wali Kota Dumai Luncurkan Agenda Wisata Festival Rakyat Pesisir 2019
Wali Kota Dumai H Zulkifli AS (kanan) bersama Kadispar Riau Fahmizal Usman ketika meluncurkan agenda wisata Festival Rakyat Pesisir 2019, Kamis (10/1). (Istimewa)
Jum'at, 11 Januari 2019 15:12 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy

DUMAI - Wali Kota Dumai H Zulkifli AS meluncurkan agenda wisata Festival Rakyat Pesisir (FRP) 2019, Kamis (10/1) di pendopo Sri Bunga Tanjung kota Dumai. FRP merupakan program kolaborasi Dinas Kepemudaan,olahraga dan pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan GenPI kota Dumai.

FRP 2019 bakal menggelar 29 agenda kegiatan. Terbagi dalam dua kategori perlombaan, pertama perlombaan yang digelar di pantai dan di laut, ke dua di darat. Adapun kegiatan yang digelar di pantai dan di laut yakni, lomba mancing, pacu dayung sampan, pompong hias, pukul bantal dan kenduri rakyat pesisir.

Kemudian, untuk perlombaan di darat bakal menggelar 24 jenis perlombaan, diantaranya karnaval budaya serta mobil hias, tanding gasing, tanding laying-layang dengung, galah panjang tingkat SLTP dan SLTA, lomba mewarnai tingkat Paud dan TK, silat pengantin, kompang, tarik tambang, meriam buluh, kontes kebaya antar SLTA, lomba kuliner khas masakan laut dan lomba lagu melayu.

Wali Kota Dumai, H Zulkifli AS, menyampaikan Dumai memiliki wisata bahari dan hamparan hutan bakau yang indah, memiliki panjang garis pantai 135 km membentang dari Timur ke Barat dan juga merupakan sebuah kota industri penting di kawasan Barat Indonesia, memiliki jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Hadirnya Festival Rakyat Pesisir 2019 yang merupakan event perdana diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga mampu menambah pendapatan ekonomi masyarakat, sekaligus bisa melestarikan nilai – nilai kebudayaan daerah kepada generasi milineal saat ini, juga bisa manjadi atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan,” kata Walikota Dumai H Zulkifli AS.

Ditambahkanya, dalam malaksanakan suatu kegiatan tentunya melalui proses. Bila ada kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini, pemerintah kota Dumai melalui dinas terkait, selalu siap melakukan diskusi agar kegiatan ini bisa lebih baik.

Mewakili Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim, yakni Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman mengatakan, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata kota Dumai untuk mendorong event FRP 2019 dapat berkolaborasi dengan pentahelix pariwisata, salah satunya bersama komunitas GenPI Dumai yang dapat membantu memviralkan kegiatan Festival Rakyat Pesisir 2019 melalui media sosial serperti facebook, twitter dan instagram.

"Kepada GenPI sub regional Dumai, khususnya di bidang online, saya harap bisa membantu ini. Ayo mainkan kreatifitasnya. Kalau bisa, perluas jaringan sampai negara tetangga. Di Malaysia ada komunitas GenWI (Generasi Wonderful Indonesia) yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata. Jika bisa bersenergi dengan baik tentunya akan memberikan branding yang postif untuk kepariwisataan kota Dumai," kata Fahmizal Usaman, ketika memberikan kata sambutan di acara launching Festival Rakyat Pesisir 2019 sekaligus pengukuhan GenPI Dumai.

Menurutnya, di kota Dumai banyak destinasi wisata bahari, didukung pula oleh adanya hotel yang standarnya sudah memadai, banyaknya restoran, kafe, karaoke, spa dan lainnya yang menjadi amenitas utama bagi pengunjung. Ditambah lagi propinsi Riau adalah merupakan kawasan perbatasan yang mempunyai potensi besar untuk pengembangan Cross Border Tourism.

Fahmizal Usman menjelaskan, total kapasitas kapal dari Malaysia tujuan Dumai adalah 550 orang per hari, 16.500 orang per bulan atau 198.000 orang per tahun. Menurutnya itu merupakan potensi yang baik bagi sektor pariwisata kota Dumai. Ia mengajak unsur pentahelix bekerja secara bersama-sama untuk membangun cross border tourism di kota Dumai.***


Loading...
wwwwww