Loading...    
           

Ketua Kwarcab Mentawai: Pramuka Adalah Pentas untuk Membangun Mentalitas Generasi Muda

Ketua Kwarcab Mentawai: Pramuka Adalah Pentas untuk Membangun Mentalitas Generasi Muda
Selasa, 14 Agustus 2018 09:57 WIB
MENTAWAI - Ketua Kwartir Cabang (Ka. Kwarcab) Pramuka Kabupaten Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake menyebutkan, bahwa kegiatan kepramukaan merupakan pentas untuk membangun mentalitas generasi muda.

Hal itu ia kemukakan kepada wartawan usai melepas 400 lebih anggota Pramuka melakukan kegiatan Pawai Obor, Senin malam (13/8/2018) yang dimulai dari pelataran kantor Bupati Mentawai Km 05 menuju lapangan sepak bola Km 8, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara.
.
"Pentas untuk membangun mentalitas generasi muda kita itu lewat Pramuka, karena dalam kegiatan Pramuka akan ada interaksi sosial, bermain dan belajar saling menghargai satu dengan lainnya, karena di sini terdiri dari berbagai sekolah, maka terjadi interaksi. Kalau di sekolah beda, yang memang merupakan rutinitas," paparnya.

Ia berharap kegiatan kepramukaan lebih ditingkatkan lagi, dimana dukungan dari semua tingkatan kepramukaan mulai dari tingkat SD hingga tingkat SMA dan pemangku tanggung jawab dalam kepramukaan benar-benar melaksanakan tugas dengan baik.

"Saya kira yang membangun minat siswa untuk mengikuti kegiatan Pramuka itu harus kita. Saya sering sampaikan kepada teman-teman, mari kita gerakan kegiatan ini, karena melalui ini kita bangun mentalitas dan karakter mereka," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan tersebut merupakan upaya dalam mencegah generasi muda bangsa dari sikakap individualisme dengan mental kapitalis yang hanya mengukur segalanya dengan uang, tanpa melihat dari sisi solidaritas.

"Sekarang kita menghadapi zaman modern dengan teknologi internet yang canggih, dimana zamannya sekarang itu gadged atau android memiliki dampak negatif menimbulkan sikap individualis dan menjadi mental kapitalis," pungkasnya,

Sementara Ketua Pelaksana Harian Kwarcab Mentawai Joni Anwar di tempat yang sama mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang ke–57.

"Kegiatan Pawai Obor Pramuka ini merupakan rangkaian kegiatan hari jadi Pramuka yang ke-57. Kita harapkan peserta dalam kegiatan ini bisa bermain sambil belajar, dengan artian bagaimana belajar budi pekerti, memahami teman dan sebagainya, yang intinya menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada anak-anak kita," paparnya.

Ia menyebutkan, kegiatan ini sedikitnya diikuti oleh 280-an lebih peserta dan ditambah dengan pengurus dan andalan Cabang sedikitnya 50-an orang lebih. (ss)


Loading...
wwwwww