Home  /  Berita  /  Umum

Genjot Sektor Pariwisata, Tiga GenPI Sub Regional Riau Resmi Dibentuk

Genjot Sektor Pariwisata, Tiga GenPI Sub Regional Riau Resmi Dibentuk
Senin, 14 Mei 2018 21:52 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PEKANBARU - Komunitas pariwisata yang tergabung dalam pasukan digital Generasi Pesona Indonesia regional Riau, pada Senin (14/5/2018) telah resmi membentuk GenPI sub regional Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak dan Kabupaten Rokan Hilir.

Pembentukan GenPI sub regional itu ditandai dengan deklarasi yang dihadiri langsung oleh Staf khusus bidang komunikasi publik Kementerian Pariwisata, Don Kardono, yang berkapsitas sebagai Pembina GenPI nasional.

Deklarasi GenPI sub regional Riau ini, dipimpin langsung oleh ketua GenPI Riau, Osvian Putra, bertempat di aula kantor Dinas Pariwisata Provinsi Riau, jalan Sudirman Pekanbaru, dihadiri oleh 45 orang pengurus dari perwakilan GenPI Siak, Kampar dan Rokan Hilir.  

Pada kesempatan itu, Pembina GenPI Nasioanal, Don Kardono, menyampaikan GenPI Riau merupakan pendatang baru, masih muda langsung melejit dan itu membuat konfidensialnya naik, sehingga kepercayaan juga naik.

Deklarasi pada hari ini merupakan salah satu bukti respon Kabupaten yang ada di Riau sehingga turut bersemangat membentuk GenPI.

"Sebernarnya kita agak terlambat membentuk GenPI di Riau, dikerenakan Provinsi ini memiliki kondisi geografis yang luas dan jarak Kabupaten/Kota di Provinsi itu berjauhan. Tapi begitu terbentuknya GenPI Riau, pengurus dan anggotanya cepat nge-Gass dan itu pengaruhnya sangat bagus," kata Staf khusus Kementerian Pariwisata RI, Don Kardono.

"Saya berharap kepada GenPI Kampar, Siak dan Rokan Hilir dapat mempromosikan semua destinasi dan events di daerahnya. Kemarin kita ke Kabupaten Majelengka Provinsi Jawa barat, disana ada sekitar 70 air terjun, tapi selama ini tidak ada yang tau dikarenakan tidak ada yang melakukan eksplorasi," tandasnya.

"Nah saya yakin di Riau juga akan menemukan hal-hal seperti itu, tapi setelah dieksplorasi akan menjadi bagus sekali, sehingga menambah variasi destinasi wisata yang ada di Provinsi Riau serta menjadi kekuatan ekonomi baru," pungkas Don Kardono.

Masih kata Don Kardono, GenPI hidup dari 2 C, yaitu creative values dan commercial values. Pada creative values teman-teman dapat membuat media sosial yang berkualitas, mengangkat tema daerahnya menjadi trending topik yang akan menjadi perbincangan para warganet di dunia maya, sehingga mempengaruhi pikiran seseorang.

Kemudian commercial valuesnya ada dua, pertama yaitu bidang online. Disini para anggota GenPI bisa membantu menjadi content creator di situs GenPI.co dan membuat online travel agents melalui plafform digital market place dalam bentuk situs, booking sistem dan payment gate way, tiga hal ini cukup mahal kalau dikembangkan sendiri, nah disini sudah GenPI siapkan semua, bagi teman-teman yang tertarik berbisnis disini dipersilahkan, dan nantinya akan dipromosikan secara berbarengan.

Commercial values kedua adalah bidang offline, saat ini GenPI telah membentuk destinasi digital yang saat ini sudah ada 15 titik di Indonesia yang omzetnya bagus, 80 persen keuntunganya untuk masyarakat sekitar dan 20 persen lagi untuk anak-anak GenPI, dan selain itu disini juga mendapatkan keuntungan dari media values yang datang dari berbagai sponsor.

"Teman-teman di Riau sangat responsif dan agresif, mereka sudah buktikan membuat destinasi digital yaitu pasar Pekan Rantau Melayu (PRM). Secara omzet Destinasi ini berjalan sukses perharinya bisa mencapai 45 juta rupiah. Pasar yang telah dibuat oleh rekan-rekan GenPI di Riau merupakan salah satu destinasi digital yang terbaik," ujar Don Kardono.

GenPI regional Riau dikukuhkan pada tanggal 3 Maret 2018 dua bulan lalu, deklarasinya bersamaan dengan GenPI sub regional kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hulu. Anggota yang telah terdaftar sebanyak 302 orang, jumlah ini peringkat ke-enam secara nasional. Dengan dikukuhkannya GenPI di tiga Kabupaten ini, jumlah anggota GenPI Riau makin bertambah seiring dengan tumbuhnya kesadaran dan optimisme generasi muda terhadap dunia pariwisata.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/