Home  /  Berita  /  GoNews Group

HPN 2018, Ketua DPR Sebut Banyak Pejabat Negara Pernah Jadi Wartawan

HPN 2018, Ketua DPR Sebut Banyak Pejabat Negara Pernah Jadi Wartawan
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo. (Istimewa).
Rabu, 07 Februari 2018 14:22 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Jelang perayaan ke-70 Hari Pers Nasional (HPN) yang akan jatuh pada 9 Februari mendatang yang dipusatkan di Kota Padang Sumatera Barat adalah moment penting bagi para jurnalis.

Di usianya yang ke 70, pers nasional memang tak bisa dianggap sebelah mata dalam berkontribusi memajukan bangsa. Seiring kemajuan teknologi, jurnalis juga diharapkan lebih aktif dan bisa memerangi berita-berita hoax yang belakangan ini kian merajalela.

Bicara soal wartawan atau jurnalis, ada pendapat atau pandangan lain dari seorang Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo. Dimana politisi Golkar ini menyebutkan, profesi wartawan bukan hanya sekedar profesi biasa. Bahkan kata dia, banyak para petinggi negara yang awalnya berprofesi sebagai wartawan, sebelum terjun ke dunia politik.

"Tidak sedikit dari mereka yang berprofesi (sebagai) wartawan, kemudian dalam perjalanan hidupnya menjadi orang-orang penting negara ini," ujar Bamsoet, di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Menurutnya, para politisi dan pejabat yang berprofesi sebagai wartawan itu, kemudian berproses. Bahkan tidak hanya jadi pejabat kata Bamsoet, banyak juga wartawan yang kini menjadi pengusaha.

"Misalnya ada yang jadi pengusaha, ada yang menjadi pejabat negara dan sebagainya," kata Bamsoet.

Bamsoet yang terpilih menjadi Ketua DPR RI menggantikan posisi Setya Novanto itu juga mengungkapkan, ada beberapa anggota DPR yang sebelumnya juga merupakan seorang pemburu berita.

"Anggota DPR tidak sedikit mantan wartawan, ada Akbar Faizal, saya sendiri, dan sebagai Ketua DPR RI," ucap Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR itu menyebutkan, dirinya merupakan Ketua DPR RI ketiga yang pernah berkecimpung dalam dunia jurnalis.

Sebelumnya ada mantan Ketua DPR RI Adam Malik dan Harmoko. "Saya yang ketiga sebagai mantan wartawan, yang pertama itu Pak Adam Malik, Pak Harmoko, dan ketiga ya saya sebagai Ketua DPR RI," tegas Bamsoet.

Perayaan ke-70 Hari Pers Nasional (HPN) rencananya akan digelar di Padang, Sumatra Barat. Selain para pejabat kementerian, wartawan dan organisasi pers, Presiden RI Joko Widodo pun dijadwalkan akan menghadiri acara tersebut. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/