Home  /  Berita  /  GoNews Group

Kalahkan Singapura, Tim Putri  Hadapi Tiongkok di BATC 2018

Kalahkan Singapura, Tim Putri  Hadapi Tiongkok di BATC 2018
Tim Indonesia saat mengalahkan Singapura. (istimewa)
Selasa, 06 Februari 2018 20:02 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Tim putri Indonesia mengawali pertarungan di Badminton Asia Team Championship 2018 dengan baik lewat kemenangan sempurna 5-0 atas tim Singapura. Dalam laga yang berlangsung di Stadium Sultan Abdul Halim Alor Star, Malaysia, Fitriani cs tak kehilangan satu game pun.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti mengatakan cukup puas dengan penampilan tim putri di pertandingan perdana.

"Sejauh ini penampilan tim putri cukup oke. Baik di tunggal maupun ganda. Di atas kertas sudah unggul dari lawan, tetapi kalau bisa menekan terus ya tekan. Saya bilang kepada tim putri untuk tetap serius dan jangan sampai lengah,” ujar Susy melalui pesan tertulisnya, kemarin.

"Fitri sudah mulai yakin dengan permainannya, meskipun masih ada catatan dia tegang. Turun sebagai tunggal pertama kalau tegang itu manusiawi. Kalau di beregu, kita kalah kan efeknya bisa ke satu tim, tanggung jawabnya lebih besar. Cara mengatasinya, ya jangan berpikir nanti gimana, tapi pikir saja, gimana nanti. Sedikit nekad, cuek, tapi tetap fight,” ujar Susy.

"Kalau Hanna bermain bagus hari ini, semoga besok lebih bagus lagi. Gregoria di awal bagus, tapi di game kedua berubah jadi mau cepet-cepetan. Dia bukan cuma harus percaya diri tapi harus jeli mengatur irama permainan. Bukan cuma butuh keyakinan, tapi kematangan dalam menganalisa permainan,” sebut Susy.

 Tim putri Indonesia akan berhadapan dengan tim Tiongkok di pertandingan kedua penyisihan grup Z. Laga ini akan berlangsung pada Kami (8/2). Artinya tim putri punya satu hari untuk mempersiapkan diri.

"Besok tim putri akan latihan, tidak mungkin istirahat total. Lebih enak latihan untuk jaga stamina dan dimantapkan lagi apa yang kurang di pertandingan pertama. Karena semua pasti akan berbeda dengan pertandingan pertama,” jelas Susy.

Kemenangan tim putri dibuka oleh Fitriani yang menundukkan Hui Zhen Grace Chua, dengan skor 21-16, 21-13. Pasangan ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani menyumbang angka kedua dengan menang straight game atas Nur Isyirah Khan/Zhi Rui Bernice Lim, dengan skor 21-7, 21-17.

Hanna Ramadini yang turun di partai ketiga, menjadi penentu kemenangan tim putri dengan mengalahkan Jia Rong Sito, 21-9, 21-5. Hanna tampil cukup baik dalam pertandingan perdana hari ini, meskipun penampilannya tidak dapat diukur sepenuhnya karena Hanna masih setingkat di atas lawannya.

“Pertandingan hari ini lebih saya manfaatkan untuk pemanasan, karena lawan masih di bawah saya kelasnya,” ujar Hanna setelah pertandingan.

“Selanjutnya kami akan mempersiapkan diri melawan Tiongkok. Kalau sudah di sini, persiapannya paling mengatur cara main dan strategi di lapangan saja, serta jaga kondisi. Melawan Tiongkok, saya rasa peluang kami tetap ada, apalagi ganda putri kita sedang bagus sekali,” kata Hanna.

Meskipun telah memastikan kemenangan, namun dua partai selanjutnya tetap akan dimainkan untuk perhitungan poin grup. Selanjutnya pasangan ganda putri Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris dan Gregoria Mariska akan bertanding.

Gregoria Mariska menyempurnakan tim putri Indonesia dalam ajang Badminton Asia Team Championships 2018 dengan meraih kemenangan di partai kelima atas Singapura, kedudukan akhir pun menjadi 5-0 untuk keunggulan Indonesia. Gregoria memetik kemenangan atas Nur Insyirah Khan, dengan skor 21-12, 21-16.

Menang relatif mudah, Gregoria memang masih jauh lebih dijagokan ketimbang lawan. Peraih gelar Juara Dunia Junior 2017 ini berpeluang untuk kembali diturunkan di laga penyisihan kedua melawan Tiongkok pada Kamis (8/2).

"Di game pertama tadi saya masih beradaptasi dengan kondisi lapangan yang berangin. Masih kurang dapet feeling nya. Fokusnya masih kadang-kadang hilang, tapi kemudian saya bisa kendalikan,” kata Gregoria.

Hasil Pertandingan : 

1. Fitriani vs Hui Zhen Grace Chua 21-16, 21-13

2. Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani vs Nur Insyirah Khan/Zhi Rui Bernice Lim 21-7, 21-17

3. Hanna Ramadini vs Jia Rong Sito 21-9, 21-5

4. Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Ha. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Olahraga
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/