Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sandiaga Ditunjuk Jadi Jurkam Pilkada, Pengamat: Gerindra Rugikan Warga DKI

Sandiaga Ditunjuk Jadi Jurkam Pilkada, Pengamat: Gerindra Rugikan Warga DKI
Istimewa.
Rabu, 31 Januari 2018 01:02 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Langkah Partai Gerindra yang menunjuk Sandiaga Uno sebagai juru kampanye (Jurkam) dalam pilkada serentak 2018, dinilai bakal merugikan warga DKI Jakarta.

Pasalnya, arahan Prabowo Subianto itu dianggap dapat mengganggu kenerja Sandiaga Uno yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Bila Sandiaga Uno yang saat ini sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta ditunjuk jadi jurkam (juri kampanye, red) misalnya jelas itu menggangu kinerjanya sebagai pejabat publik. Otomatis imbasnya masyarakat yang dirugikan," ungkap Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Voxvol Center di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (30/1/2018).

Pangi Syarwi Chaniago melanjutkan, walaupun mengkapanyekan sejumlah calon yang diusung Partrai Gerindra, langkah tersebut memang tidak melabrak aturan, namun kata dia, tetap melanggar norma dan etika dia sebagai pejabat publik.

"Tugas dia sebagai pelayan masyarakat bisa terganggu atas kesibukan barunya itu," tuturnya.

Alangkah lebih elegan lagi kata dia, jika ketua umum partai saja yang turun sebagai jurkam. Karena menurutnya, figur dan ketokohan ketua umum itu biasanya melebihi sosok kadernya.

Pangi juga menganalisa, wajar bila Partai Gerindra meminta Sandiaga Uno mengkampanyekan para calon kepala daerah yang berkompetisi di pilkada 2018, karena dianggap Gerindra sosok Sandiaga dapat mendongkrak perolehan suara.

"Kemenangan Anies-sandi pada pilkada DKI Jakarta sebagai bukti sosok Sandiaga dianggap dapat meningkatkan perolehan suara," tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengaku, diminta Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengampanyekan calon kepala daerah yang diusung Partai Gerindra pada pilkada 2018.

Bahkan Sandiaga menguatkannya berdasarkan hasil pertemuannya dengan Prabowo, Senin (29/1) kemarin. Dalam pertemuan tersebut, dia ditugaskan untuk berkampanye setiap hari Minggu.

"Saya dimintakan juga di luar tugas saya di DKI, hanya di hari Minggu saja, untuk membantu berkampanye di beberapa pilkada dan menyiapkan kesiapan Gerindra untuk menghadapi pemilu ini," ujar Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Adapun pilkada serentak 2018 digelar di 171 daerah di Indonesia, yakni di 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. Beberapa calon kepala daerah yang turut diusung Gerindra antara lain Mayjen (Purn) Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Jawa Barat), Sudirman Said-Ida Fauziyah (Jawa Tengah), Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Jawa Timur), dan Edy Rahmayadi-Musa Eajekshah (Sumatera Utara).***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/