Home  /  Berita  /  Umum

Beginilah Acara Adat Hari Pertama di Acara Ngunduh Mantu Jokowi

Beginilah Acara Adat Hari Pertama di Acara Ngunduh Mantu Jokowi
Jum'at, 24 November 2017 09:24 WIB

MEDAN-Selama dua hari berturut-turut, 24-25/11/2017, rangkaian acara Ngunduh Mantu Muhammad Bobby Afif Nasution (Bobby) - Kahiyang Ayu (Kahiyang) akan memasuki tahapan pelaksanaan adat.

Untuk acara adat di hari pertama, Jumat (24/11/2017) oleh pihak suhut (penyelenggara) yakni dari keluarga marga Nasution sudah dijelaskan secara detail urutannya dari awal pada pagi hari hingga berakhir saat malam. Sedangkan di hari kedua, terutama menyangkut gelar yang akan disematkan kepada pasangan Bobby - Kahiyang masih dirahasiakan.

Berbicara pada konperensi pers yang digelar di media center Bobby - Kahiyang, Kamis (23/11/2017), perwakilan suhut yang terdiri atas Pandapotan Nasution (raja adat), Darmin Nasution dan Erwan Nasution dari pihak keluarga menjelaskan urut-urutan acara (rundown) secara utuh.

Berikut ini adalah rundown acara adat di hari pertama, Jumat (24/11/2017).

1. Pukul 06.00 WIB; pemotongan kerbau. Menurut Pandapotan kerbau menjadi simbol bahwa status atau kelas acara adat Bobby-Kahiyang menjadi yang tertinggi dalam tradisi suku Mandailing. Kemudian dibawahnya status pertengahan dan terkecil masing-masing memotong kambing dan ayam.

"Hanya seekor kerbau besok dipotong di sini (BHR), selebihnya enam ekor lagi di tempat lain. Simbolik saja, kalau tidak kan kacau," kata Darmin yang juga Menteri Kordinator Perekonomian.

2. Pukul 07.00 WIB - 08.00 WIB; Manyantan Gordang. Artinya adalah persiapan gordang dan gordang yang akan dipergunakan sepanjang acara adat berlangsung.

3. Pukul 08.00 WIB - 09.45 WIB; membuka gelanggang. Gelanggang dibuka dengan cara manortor atau menari tradisional Mandailing. Ini aka menjadi sesi Manortor I.

"Yang pertama manortor adalah suhut dan kahaanggi, namanya Tortor Suhut. Ini menandakan bahwa acara adat dimulai. Di belakang suhut, boru ikut manortor untuk mendukung," ujar Darmin.

Selanjutnya pada giliran kedua, kata Darmin, adalah para raja Nasution dan Lubis sebanyak belasan orang. Marga Nasution menyambut seluruh yang hadir secara tulus.

4. Pukul 09.45 WIB- 12.00 WIB; mangalo-alo mora. Acara ini menunjukkan bahwa pihak keluarga Nasution selaku suhut menghormati pihak keluarga perempuan, yakni Siregar. Sebab, Bobby sudah mempersunting putri mereka.

Untuk sementara untuk sholat Jumat, hingga pukul 14.00 WIB acara adat dihentikan.

5. Pukul 14.00 WIB - 15.00 WIB; manarimo tumpak.

6. Pukul 15.00 WIB- 18.00 WIB; sidang adat. Kata Pandapotan, sidang yang diikuti berbagai pihak akan membicarakan tentang besar atau kecilnya acara adat di hari kedua yang disebut sebagai mata nihorja atau puncak dari acara adat. Selain itu juga dibahas gelar adat yang akan disematkan kepada pasangan Bobby - Kahiyang.

"Kalau kepada Bobby dan Kahiyang sudah ditabalkan gelar adat, mereka jadi orang yang dituakan. Mereka tidak bisa lagi dipanggil dengan namanya kalau di Mandailing," kata Pandapotan.

Darmin menjelaskan bahwa pasca sidang adat, rangkaian acara di hari pertama akan ditutup dengan manortor. Lazimnya, semua yang hadir bisa ikut menari.

"Termasuk anda para wartawan harusnya juga bisa menari. Tapi kan nggak tahu bagaimana ketentuan pihak pengamanan yang dibuat," ujar Darmin.

Selain suhut serta kahaanggi, acara adat juga akan melibatkan pihak mora dan boru.

Editor:Wen
Kategori:Umum, Pemerintahan, GoNews Group
wwwwww