Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Dengan Tema Mawar Hitam, Pameran Busana Migi Rihasalay Pukau Pengunjung Indonesia Fashion Week 2024
Umum
22 jam yang lalu
Dengan Tema Mawar Hitam, Pameran Busana Migi Rihasalay Pukau Pengunjung Indonesia Fashion Week 2024
2
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
Umum
23 jam yang lalu
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
3
Persis Solo Pantau Fisik Pemain Selama Ramadan
Olahraga
21 jam yang lalu
Persis Solo Pantau Fisik Pemain Selama Ramadan
4
Ilhamsyah Bersyukur Menit Bermain Bertambah
Olahraga
20 jam yang lalu
Ilhamsyah Bersyukur Menit Bermain Bertambah
5
Tekad Bangkit Super Elang Jawan Raih Tiga Poin
Olahraga
21 jam yang lalu
Tekad Bangkit Super Elang Jawan Raih Tiga Poin
6
Lawan Bali United, Thomas Doll Harapkan Pemain Persija Jakarta Bugar
Olahraga
21 jam yang lalu
Lawan Bali United, Thomas Doll Harapkan Pemain Persija Jakarta Bugar
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/
Home  /  Berita  /  Umum
Ngunduh Mantu Jokowi

Kahiyang-Bobby Akan 'Marpangir' di Air Terjun Buatan Dalam Acara Adat

Kahiyang-Bobby Akan Marpangir di Air Terjun Buatan Dalam Acara Adat
Jum'at, 24 November 2017 08:39 WIB

MEDAN-Berbagai persiapan terus dilakukan pihak keluarga dan panitia menjelang acara pesta adat dan resepsi Kahiyang Ayu Siregar-Bobby Nasution di Medan pada 24-26 November 2017. 

Sejumlah konstruksi bangunan sudah hampir rampung dikerjakan, mulai dari pintu masuk tamu hingga pelaminan kedua mempelai.

Saat gladi kotor among tamu atau penerima tamu, sejumlah pekerja sibuk menyelesaikan beberapa bagian bangunan. Seperti untuk pintu masuk tamu, lorong menuju tenda utama, pemasangan dinding, sampai pemasangan pernak-pernik dekorasi.

Dekorasi di sepanjang lorong menuju tenda utama, sebagian sudah dihias dengan konsep pedesaan. Dengan bagian atas dipenuhi dedaunan dan lampu hias dari anyaman bambu, serta dinding tepas dan bambu.

Memasuki tenda utama, pelaminan khas Mandailing berdiri megah. Dengan lebar 15 meter dan tinggi empat meter, pelaminan yang didominasi warna merah, hitam, dan emas tersebut sangat menarik perhatian.

Pelaminan itu akan menjadi tempat atau rumah Gordang Sambilan, yang akan ditabuh untuk menyambut Presiden RI Joko Widodo pada Sabtu (25/11). "Rencananya untuk gordang sambilan,” kata dekorator pelaminan adat, Neneng.

Neneng menjelaskan, pelaminan Mandailing itu sudah rampung 90 persen. "Tinggal pasang bunga aja," jelasnya.

Ada dua pelaminan di dalam tenda utama. Selain untuk Gordang Sambilan, ada juga pelaminan utama yang akan diduduki kedua mempelai selama acara resepsi berlangsung. Namun pelaminan tersebut masih ditutup kain karena belum selesai.

Di pintu masuk untuk tamu umum, ada gapura dengan papan bertuliskan 'Horas Tondi Madingin Pirtondi Matogu Saur Matua Bulung'. "Ini artinya, selamat sejahtera, jangan ada yang menghalangi. Semoga selamat sampai kakek nenek," ujar salah seorang sesepuh adat Mandailing, Sudirman Lubis.

Di pintu tersebut juga terpasang dua pohon pisang lengkap dengan buah dan jatungnya. "Pohon pisang ini menandakan bahwa pesta ini Horja Godang, atau pesta besar," ungkapnya.

Salah seorang panitia, Lidang Panggabean menyebutkan, ada dua pintu masuk saat acara resepsi nanti. Yakni pintu VIP untuk para menteri dan pejabat tinggi negara serta pintu umum untuk tamu undangan biasa.

"Ada dua pintu nantinya, pertama pintu VIP dan pintu untuk tamu biasa," jelasnya.

Rangkaian acara adat yang berlangsung pada Sabtu (25/11) nanti akan ada upacara marpangir untuk kedua mempelai. Pengantin akan dibawa ke Tepian Raya Na Martua. Namun Tapian Raya ini akan digantikan dengan air terjun buatan yang telah disiapkan. Marpangir ini bertujuan menghanyutkan masa remaja pengantin serta mendoakan keduanya agar selamat menempuh hidup baru dan memperoleh keturunan anak laki-laki dan perempuan.

Setelah selesai acara Marpangir, pengantin diarak kembali dengan prosesi adat ke gelanggang tempat acara dan dilanjutkan dengan acara penabalan gelar adat kepada Bobby dan Kahiyang.

Editor:Wen
Kategori:Umum, GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/