Home  /  Berita  /  Lingkungan

Sekretariat DPRD Bandung Apresiasi Sinergi DPRD Padang dengan Wartawan

Sekretariat DPRD Bandung Apresiasi Sinergi DPRD Padang dengan Wartawan
Kepala Bagian Humas DPRD Kota Bandung, Jaja Nurjaman menerima kenang-kenangan dari DPRD Padangyang diserahkan Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra disaksikan Ketua FWP DPRD Padang, Dasrul (kanan).
Selasa, 21 November 2017 19:07 WIB
Penulis: Agip M Noerman
PADANG - Dalam proses pembangunan daerah, diperlukan sinergi antara pemerintah daerah dan DPRD dengan wartawan. Sebab, wartawan yang bersikap objektif dan profesional melalui karya jurnalistik berpotensi menumbuhkembangkan semangat dan kepedulian membangun daerah. Karya jurnalistik yang mengkritik, akan tetapi juga harus memunculkan solusi.

Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra menyampaikan pernyataan tersebut ketika berdialog dengan Sekretariat DPRD Kota Bandung, Selasa (14/11/2017), di Bandung. Didampingi Kepala Bagian Humas DPRD Kota Padang, Ermanto dan rombongan Forum Wartawan Parlemen (FWP) DPRD Padang serta Sekretariat Kehumasan DPRD Kota Padang diterima Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD kota Bandung Jaja Nurjaman.

Wahyu menjelaskan, dalam konteks sinergi antara DPRD Kota Padang dengan FWP DPRD Padang adalah sesuatu yang diperlukan. Kinerja maupun tugas-tugas yang sudah dilakukan anggota dewan tidak akan diketahui masyarakat apabila tidak diberitakan wartawan melalui media masing-masing.

"Wartawan berfungsi menginformasikan kepada masyarakat berkaitan dengan kerja serta tupoksi lembaga DPRD Padang secara keseluruhan. Sebab, keterbukaan informasi publik adalah suatu keharusan," jelas politisi Partai Golkar ini.

Ads

Memang, lanjut Wahyu, dalam mengurus wartawan tidak gampang. Lembaga DPRD Padang harus memperhatikan kebutuhan para wartawan. Untuk itu di Sekretariat DPRD Padang, ada bagian khusus yang mengelola dan berkoordinasi dengan wartawan yaitu bagian kehumasan.

Secara rinci, Kepala bagian Humas DPRD Padang, Ermanto menguraikan tugas pokok bidang humas memastikan agenda kegiatan kedewanan. Disampaikan Ermanto, bidang humas memberikan jadwal kegiatam DPRD Padang.

"Salah satu tugas humas DPRD Padang memberikan ekspos kegiatan termasuk release berita kegiatan yang sudah dilakukan DPRD Padang. Ada staf khusus yang menyiapkan release berita tersebut," ujar Ermanto.

https://www.gosumbar.com/assets/imgbank/29112017/gosumbarcom_vcdmy_230.jpgSuasana diskusi yang diikuti anggota Forum Wartawan Parlemen DPRD Padang di ruang rapat Sekretariat DPRD Kota Bandung.

Solidnya sinergi lembaga DPRD Kota Padang dengan wartawan menjadi catatan penting bagi Sekretariat DPRD Kota Bandung. Kepala Bagian Umum, Jaja Nurjaman mengapresiasi sinergi wartawan dan lembaga DPRD Padang. Menurutnya, koordinasi yang baik ini menjadi inspirasi bagi Sekretariat DPRD Kota Bandung dan akan diambil sebagai contoh.

Diakui Jaja Nurjaman, sinergi wartawan dan sekretariat di DPRD Bandung belum tertata dengan baik. Tak sungkan-sungkan Jaja Nurjaman menyampaikan bahwa di Sekretariat DPRD Bandung tidak ada bagian humas yang bertugas mengelola wartawan.

https://www.gosumbar.com/assets/imgbank/29112017/gosumbarcom_ts8kj_229.jpgKetua Forum Wartawan Parlemen (FWP) DPRD Padang, Dasrul menyerahkan kenang-kenangan kepada Kepala Bagian Humas DPRD Kota Bandung, Jaja Nurjaman.

"Setiap kegiatan kami hanya membawa dua orang wartawan. Itu pun sudah dikunci oleh sistem e-bugeting. Apa yang dilakukan Sekretariat DPRD Padang menjadi percontohan. Mudah-mudahan tahun 2018 bisa diterapkan," terangnya.

Sekretariat Kehumasan DPRD Kota Padang dan FWP DPRD Padang kembali menggali informasi dan regulasi ke Humas Sekretariat Daerah kota Bandung. Rombongan diterima Kasubag Liputan dan Dokumentasi Bagian Humas Setda Kota Bandung, Maiwan Kartiwa.

https://www.gosumbar.com/assets/imgbank/29112017/gosumbarcom_rgrln_228.jpg

Diskusi Forum Wartawan Parlemen (FWP) DPRD Padang dengan pengurus PWI Jabar.

Maiwan menjelaskan, sukses Walikota Ridwan Kamil dalam bersosial media, sehingga menjadi kepala daerah yang mampu mensosialisasikan programnya melalui sosial media.

"Ketika terpilih menjadi Walikota Bandung, Pak Ridwan Kamil mengumpulkan semua kepala SKPD. Dia menegaskan, kalau dirinya aktivis media sosial yang menjadi kepala daerah. Kepala SKPD juga diminta melek media sosial," papar Maiwan, Rabu (15/11/2017).

https://www.gosumbar.com/assets/imgbank/29112017/gosumbarcom_fhxgq_227.jpgAnggota FWP dan Sekretariat DPRD Kota Padang mengikuti workshop di Padang.

Berdialog dengan PWI Jabar, FWP DPRD Padang menerima banyak masukan. Ketua PWI Jawa Barat yang diwakili Ketua Bidang Advokasi, Agusdinar mengatakan, persoalan utama di Kota Bandung hampir sama dengan DKI Jakarta, yaitu banjir dan kemacetan. Menurutnya, baik PWI maupun media yang ada di Jawa Barat terus memberikan masukan kepada pemerintah kota dalam pengetasan banjir dan macet tersebut.

"Tak hanya masukan, kadang kita juga melakukan kritik. Dan biasanya pemko cepat mengambil tindakan," katanya.

https://www.gosumbar.com/assets/imgbank/29112017/gosumbarcom_wt5lq_226.jpgSekretaris Dewan, Syahrul memberikan pemaparan terkait fungsi sekretariat DPRD sebelum penutupan workshop di Padang.

Sebelum melakukan studi banding, Sekretariat Humas dan FWP DPRD Padang mengikuti Workshop Jurnalis Kehumasan DPRD kota Padang, Minggu (12/11/2017). Kegiatan tersebut dibuka Wakil Ketua DPRD Padang sekaligus Pembina FWP DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dewan, Syahrul menyampaikan kegiatan workshop juga diberikan kepada sekretariat kehumasan untuk meningkatkan kinerja. Dikatakan Syahrul, agar terjadinya sinergi yang kuat baik anggota dewan, wartawan dan staf dibutuhkan kinerja yang bagus.(adv)

Kategori:Padang, Lingkungan
wwwwww