Home  /  Berita  /  GoNews Group
Konferwil 1 AMSI Sumbar, Padang, 7 November 2017

Mantan Jurnalis detik.com Ini Terpilih Secara Aklamasi Pimpin AMSI Sumbar Periode 2017- 2020

Mantan Jurnalis detik.com Ini Terpilih Secara Aklamasi Pimpin AMSI Sumbar Periode 2017- 2020
Konferensi Wilayah 1 AMSI Sumbar, di Talang Meeting Room Five Hotel, Padang 7 November 2017.
Rabu, 08 November 2017 14:01 WIB
Penulis: jontra
PADANG – Setelah melakukan persiapan yang cukup matang, Konferensi Wilayah (Konferwil) I Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumatera Barat akhirnya digelar di Meeting Room Talang Five Hotel, Padang, Selasa 07 November 2017. Konferensi tersebut dihadiri 20 orang anggota yang terdiri dari 13 media online di Sumbar, Konfrensi itu akhirnya menetapkan secara aklamasi Yonda Sisko, Pemimpin Redaksi covesia.com sebagai Ketua AMSI Sumbar periode 2017- 2020.

Konferensi ini dibuka dengan diskusi bersama seluruh anggota yang hadir, dipimpin langsung oleh koordinator AMSI wilayah Sumatera, Agoez Perdana.

Untuk wilayah Sumatera, Sumbar merupakan wilayah ke dua yang melaksanakan konferensi, dirinya berharap ketua terpilih berkompeten di bidangnya dan mampu membangun jaringan agar AMSI bisa lebih baik kedepannya.

"Dengan banyaknya organisasi yang lahir di Sumbar, baik itu dalam bentuk paguyuban, wartawan dan organisasi media lain, diharapkan kehadiran AMSI memberikan warna baru di Sumbar dan beda dengan organisasi-organisasi lainnya," ungkap Agoes Perdana.

Ketua Bidang Organisasi AMSI Pusat, Suwarjono mengatakan, target untuk AMSI saat ini di masing-masing kabupaten/kota memilki jumlah anggota 15 media. Untuk syarat mendirikan AMSI di Kabupaten/Kota, harus memiliki anggota 10 media, jelas Suwarjono.

Suwarjono juga mengatakan, saat ini AMSI sedang mengupayakan untuk mendorong asosiasi-asosiasi di tingkat wilayah serta memperbanyak jumlah anggota. Karena hadirnya AMSI merupakan salah satu jawaban dalam menghadapi peralihan ke media digital saat ini.

AMSI juga bertujuan mendorong pertumbuhan media online yang sehat, serta peningkatan kualitas konten sebagai upaya memerangi hoax. Karena itulah, AMSI berupaya bagaimana setiap anggota mampu berperan aktif, baik itu untuk diskusi dan lain hal yang terkait dengan persoalan yang dihadapi oleh media online.

Sebagai media online, kita harus kuat dalam empat hal, yaitu Konten, IT, Penyampaian Konten dan Marketing.

Selain itu, menurut Suwarjono, di masing-masing Kabupaten/Kota jumlah media mencapai angka 190 media. Karena itu, AMSI hadir sebagai wadah yang akan merumuskan kebijakan yang terkait dengan persoalan media online. Sebagai salah satu contoh, persoalan verifikasi, terangnya.

"Banyak media yang tercatat di seluruh Indonesia, jumlahnya mencapai 403 ribu media, namun yang terverifikasi itu hanya 200an media saja, ini persoalan serius yang harus disikapi oleh pemilik dan pengelola media online,"bebernya.

Ketua AMSI Sumbar Yonda Sisco yang juga merupakan jurnalis senior mantan jurnalis detik.com ini mengucapkan apresiasi dan kepada peserta yang hadir dalam Konferwil AMSI Sumbar. Dikatakan Yonda, kepercayaan dan amanah yang diberikan Insya Allah akan dilaksanakan dengan sebaik -baiknya." Semoga apa yang menjadi cita-cita bersama bisa terwujud dengan kebersamaan kita di wadah AMSI ini," ucapnya.

Setelah ini, akan disusun komposisi kepengurusan dan program AMSI Sumbar, lanjutnya.

Pemimpin Redaksi covesia.com, Yonda Sisco, terpilih secara aklamasi setelah dua calon lainnya, Andika D Kagen, klikpositif.com dan Donal Chaniago, hallosumbar.com mundur dari pencalonan ketua pada Konferwil 1 AMSI Sumbar.

Berikut perwakilan Media Online yang hadir dlam Konferwil 1 AMSI Sumbar, covesia.com, redaksisumbar.com, klikpositif.com, pasbana.com, padangkita.com, sumbarsatu.com, mentawaikita.com, ranah.id sudutpayakumbuh.com, beritanagari.com kabarpadang.com halosumbar.com, gosumbar.com. (**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/