Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Ketum PSSI Bangga dengan Perjuangan Garuda Muda
Olahraga
11 jam yang lalu
Ketum PSSI Bangga dengan Perjuangan Garuda Muda
2
Shin Tae-yong: Masih Ada Kesempatan Indonesia Lolos ke Paris
Olahraga
12 jam yang lalu
Shin Tae-yong: Masih Ada Kesempatan Indonesia Lolos ke Paris
3
Promosi dan Degradasi di Timnas U-16 Selama TC di Yogyakarta
Sumatera Barat
10 jam yang lalu
Promosi dan Degradasi di Timnas U-16 Selama TC di Yogyakarta
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group
Kesehatan

5 Bahan Dapur Ini Bisa Obati Sariawan

5 Bahan Dapur Ini Bisa Obati Sariawan
Ilustrasi. (tempo.co)
Senin, 22 Mei 2017 18:44 WIB
JAKARTA - Meski tidak membahayakan, namun penyakit sariawan sangat mengganggu. Rasa nyeri yang dirasakan menyebabkan makan menjadi tidak nyaman, apa lagi bila mengonsumsi makanan pedas.

Dikutip dari tempo.co, sariawan biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti panas dalam, tergigit, luka benturan dengan sikat gigi, kebersihan mulut yang tidak dijaga dan masih banyak penyebab lainnya.

Untuk mengobatinya, biasanya kita akan pergi ke apotik untuk membeli obat. Namun ternyata, obat untuk sariawan dapat kita temukan di dapur. Dilansir dari Boldsky, ada lima bahan yang dapat menyembuhkan sariawan.

1. Baking soda

Baking soda terkenal memiliki sifat alkali yang bisa meredakan asam yang cenderung memicu sakit kanker. Selain itu, baking soda juga dapat menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh dan membantu membunuh bakteri serta mengobati rasa sakit serta mengurangi peradangan. Baking soda bahkan memberikan kesehatan mulut yang baik dengan cara membuang kuman dan bakteri,

Cara membuat ramuan ini adalah dengan menggunakan satu sendok teh baking soda yang dicampur ke dalam setengah cangkir air. Lakukan kumur-kumur dengan cairan baking soda sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Madu

Madu dikenal memiliki sifat antibakteri. Madu mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Madu juga memiliki kekuatan untuk mengurangi bekas luka serta mempercepat proses pertumbuhan jaringan baru.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan madu di atas daerah yang terkena sariawan. Untuk lebih cepatnya, Anda bisa menggunakan kunyit yang dicampur dengan madu sebagai obat menghilangkan sariawan ini.

3. Daun kemangi

Mengunyah daun kemangi ternyata bisa mengobati sariawan di mulut. Caranya dengan mengunyah beberapa daun kemangi kemudian minum segelas air. Lakukan hal ini sekitar 3 sampai 4 kali dalam sehari bisa mencegah kambuhnya sariawan di mulut.

4. Teh

Gunakan kantong teh yang basah di atas area yang mengalami sariawan, dipercaya bisa menyembuhkan sariawan. Terlebih jika menggunakan the hitam, karena the hitam mengandung tanin yang memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa sakit.

5. Daun seledri

Ternyata daun seledri juga bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat. Caranya adalah dengan mengambil beberapa daun seledri dan hancurkan. Setelah menghancurkannya, oleskan daun seledri pada sariawan di mulut untuk menyembuhkan luka. ***   

Editor:hasan b
Sumber:tempo.co
Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/