Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Seleksi Lokakarya Wasit dan Asisten Wasit Liga 3 Tahun 2023/2024 Bergulir
Olahraga
21 jam yang lalu
Seleksi Lokakarya Wasit dan Asisten Wasit Liga 3 Tahun 2023/2024 Bergulir
2
Unjuk Kebolehan, Aditya Kalahkan Pecatur Kawakan GM Thien Hai Dao
Olahraga
20 jam yang lalu
Unjuk Kebolehan, Aditya Kalahkan Pecatur Kawakan GM Thien Hai Dao
3
Hadapi Uzbekistan di Semifinal, Timnas U 23 Indonesia Diharapkan Bisa Tampil Seperti Lawan Korsel
Olahraga
18 jam yang lalu
Hadapi Uzbekistan di Semifinal, Timnas U 23 Indonesia Diharapkan Bisa Tampil Seperti Lawan Korsel
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Perak Malaysia, Negeri Historis dan Destinasi Bertaraf Internasional

Perak Malaysia, Negeri Historis dan Destinasi Bertaraf Internasional
Istimewa.
Kamis, 11 Mei 2017 09:18 WIB
JAKARTA - Malaysia selama ini identik dengan Kuala Lumpur dan Penang sebagai lokasi destinasi tujuan wisata. Namun tahun ini, pemerintah Malaysia memperkenalkan Perak sebagai bagian dalam mempromosikan wisata daerahnya ke Indonesia.

Setidaknya, sejumlah lokasi dipilih untuk mewakili Perak sebagai destinasi bertaraf dunia, yakni Royal Belum, Pangkor Island, Lenggong Valley, Sungai Klah Hotsprings Retreat, Matang Mangrove Forest Reserve, Tempurung Cave, Kuala Kangsar, Orang Utan Island, Zoo Taiping and Night Safari dan Ipoh.

Selain itu juga dipromosikan taman tema Movie Animation Park Studios (MAPS) yang beroperasi 26 Juni mendatang dan The Lost World of Tambun serta menggalakkan lokasi pengobatan.

"Perak memiliki lokasi strategis, yakni terletak diantara Penang dan Kuala Lumpur. Seperti sandwich, ikan atau dagingnya (Perak) ada di tengah dan rotinya di bagian atas (Penang) dan bawah (Kuala Lumpur). Tahun ini kami menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 600 ribu orang, 150 ribu diantaranya kami harapkan dari Indonesia," ujar Dato Seri Diraja Dr Zambry Abd Kadir, Menteri Besar Perak, kemarin.

Ia menyebutkan, Perak tak hanya akan mengandalkan destinasi bertaraf dunia tersebut, tapi juga mempromosikan berbagai kuliner yang ada. "Tujuan orang datang ke Perak salah satunya karena dianggap sebagai surga makanan dengan harga terjangkau dan kehalalan makanannya. Tak hanya itu, hotel dan lain-lain pun tarifnya cukup terjangkau. Duriannya pun merupakan salah satu yang terbaik, Musang King," tandasnya.

Dirinya juga mengungkapkan, Perak memiliki historis yang sangat dalam, karena sempat dijajah oleh Belanda, Inggris dan Jepang. Bahkan, peninggalan sejarah berupa benteng dan kesultanan 450 tahun lalu pun masih bisa dilihat.

Dengan beragam pilihan wisata yang tersedia tersebut, ia berharap promosi yang dilakukan bersama Pemerintah Malaysia bakal mendapat respon positif. "Ini baru permulaan, diharapkan bisa mendapat capaian yang baik karena selama ini jumlah kunjungan ke Perak masih sedikit, mereka lebih memilih ke Kuala Lumpur atau Penang. Padahal dari Kuala Lumpur ke Perak hanya 30 menit jalur darat," tukasnya.

Untuk diketahui, Ipoh menerima penghargaan dari Lonely Planet sebagai salah satu Best Place to Visit in Asia dan Top Region in the World to Visit in 2017 dalam best in travel 2017. Bahkan, Ipoh pada 2014 juga sebagai salah satu dari Sembilan Bandar terbaik dari segi kemampuan untuk pension di dunia dan sebagai penerima pengunjung domestic terbanyak di Malaysia.

Selain itu, juga akna digelar beragam acara di Perak, seperti Ipoh Cycle Fest, International Tourism Expo, World Eco Tourism Expo, Festival puisi dan lagu rakyat, Pangkor International Development Dialogue, Perak International Magic Festival, Perak International Waiter Race, Perak International Century Ride, Royal Belum International Bird Expedition, International Blues and Raggae Festival, Ipoh International Race, International Dancesport Championship dan Pesta Laut Pangkor dan lainnya.

Untuk lokal, ada program Songkran Festival, Perak Crafts Fair, Durian Fruit Festival, Arts Fest, Ipoh Cultural parade dan lainnya. rls

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/