Home  /  Berita  /  GoNews Group

Majukan Kampung dan Rantau, Pedagang Minang Berhimpun dalam Koperasi Saudagar Minang Raya

Majukan Kampung dan Rantau, Pedagang Minang Berhimpun dalam Koperasi Saudagar Minang Raya
Pengesahan kepengurusan Koperasi Saudagar Minang Raya. (inilah.com)
Minggu, 30 April 2017 11:23 WIB
JAKARTA - Dalam upaya memajukan ranah (kampung) dan rantau, para pedagang Minang berhimpun dalam Koperasi Saudagar Minang Raya (SMR). Kepengurusan koperasi ini disahkan Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga pada Festival Kampoeng Minangkabau 2017 di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Puspayoga mengapresiasi kehadiran Koperasi SMR sebagai wujud nyata bagi terciptanya pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya masyarakat di Sumatera Barat.

''Pendirian Koperasi SMR memang harus dilakukan, karena Bapak Koperasi Bung Hatta berasal dari Tanah Minang,'' kata Puspayoga.

Di acara yang juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Datoek Intan Bano, Puspayoga mengatakan, pertumbuhan ekonomi harus bisa memberikan pemerataan kesejahteraan. Kalau kemiskinan dan gini rasio masih tinggi, artinya pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati oleh segelintir orang saja.

''Untuk pemerataan kesejahteraan, tidak ada jalan lain selain dengan koperasi. Karena, di dalam koperasi banyak UKM yang menjadi anggotanya. Jadi, pembentukan Koperasi SMR ini sebagai langkah strategis,'' kata Menkop.

Puspayoga juga mengingatkan bahwa saat ini tidak perlu memiliki banyak koperasi. Yang harus ditingkatkan adalah jumlah anggota koperasi.

''Membangun koperasi berkualitas merupakan tujuan utama dari program reformasi koperasi yang sudah kita gulirkan. Kita sudah membubarkan 43 koperasi tidak aktif. Sisanya yang 150 ribu koperasi, separuhnya sedang kita bina untuk disehatkan dengan melakukan RAT. Kalau tidak sehat juga, maka koperasi itu akan kita bubarkan, dikeluarkan dari database kita,'' tandas Puspayoga.

Sementara itu, Ketua Koperasi SMR Prof Fashbir Noorsidin mengatakan, Koperasi SMR merupakan wadah pemersatu para saudagar Minang dalam satu gerakan untuk kemajuan ranah dan rantau.

''Koperasi ini merupakan sinergi kalangan akademisi dan praktisi dengan ratusan pengusaha asal Minang. Koperasi SMR juga diharapkan dapat memberi solusi dan menjembatani dengN menghimpun para pelaku usaha dari berbagai sektor dan skala usaha,'' ujar Fashbir.

Selain itu, lanjut Fashbir, Koperasi SMR diharapkan mampu membesarkan skala dan menggandakan usaha sebagai jalan untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat pada umumnya.

''Tak lama lagi, kita akan mendirikan pusat perkulakan bernama GORO SMR yang akan ada di seluruh Indonesia. Ini merupakan hasil positif dari sinergi para saudagar Minang yang tergabung dalam Koperasi SMR,'' jelas dia.***

Editor:hasan b
Sumber:inilah.com
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Ekonomi, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/